Pemilihan Ketua RW 03 Kelurahan Menteng, Pelopori Pemilihan Secara Demokrasi

Bagi warga RW. 03 Kelurahan Menteng Jakarta Pusat,  pemilihan Ketua RW  kali ini berbeda dengan pemilihan sebelumnya, karena digelar secara demokratis, sebagaimana yang dilakukan dalam Pemilu maupun Pemilukada, dimana setiap warga yang telah berusia 17 tahun, serta yang belum berusia 17 tahun namun sudah menikah,diberi hak untuk memilih calok Ketua RW.

Menurut Ketua panitia Pemilihan Ketua RW.03 Kelurahan Menteng, Jakpus, Endang Sutrisna dengan pemilihan langsung seperti ini diharapkan kedepan legalitas Ketua RW juga semakin besar, sehingga kinerjanya juga akan lebih baik, dalam melayani warganya.

Endang juga berharap model pemilihan langsung, umum, bebas dan rahasia ini juga akan menjadi contoh untuk pemilihan ketua RW ditempat lain di Jakarta, karena model pemilihan langung seperti ini adalah pemilihan yang adil, sehingga dapat memberikan pencerahan demokrasi pada warga RW.03 Kelurahan Menteng, tegasnya.



Sistem pemilihan juga dilakukan dengan paket Ketua RW dan Wakil Ketua RW, dan saat ini ada 2 calon, yaitu Agus Salim berpasangan dengan Trisakti Prakasya Badar, dan pasangan kedua adalah Dra Dyan Rustiningsih dengan Emil Nasibu, jumlah pemilih dibagi dalam III TPS, untuk TPS I berjumlah 2224 suara, TPS II dengan 1115 pemilih dan TPS III dengan 1109 pemilih, dan akhir penghitungan suara pemilihan, pasangan   Agus Salim dengan Trisakti Prakasya Badar unggul dengan dukungan suara 785 suara, dan Dra Dyan Rustiningsih dengan Emil Nasibu memperoleh 292 suara, sementara yang 38 suara dinyatakan tidak sah.

Hal senada juga diungkapkan tokoh masyarakat Menteng Haji Helmi, dimana model pemilihan langsung untuk memilih Ketua RW dan Wakil RW ini sebelumnya dihasilkan dengan musyawarah yang melibatkan, tokoh agama, tokoh masyarakat, perwakilan Pemuda maupun kaum perempuan, sehingga sistem pemilihan langsung ini adalah hasil kesepakatan bersama, sehingga diharapkan akan dapat memilih Ketua RW dan wakilnya yang terbaik, serta memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi warga Menteng, tegasnya. (Rul).

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA