25.000 Peserta Jamnas 2016 Peringati HUT RI ke 71

Bertempat di Lapangan Bumi Perkemahan Cibubur Jakarta, 25.000 peserta Jambore Nasional 2016 yang datang dari seluruh wilayah Republik Indonesia, mengikuti Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan RI, tidak seperti biasanya, mereka yang selalu mengenakan seragam Coklat muda dan Coklat tua sebagai seragam Kepramukaan tersebut, pada Upacara HUT RI ke 71 tahun, seluruh peserta upacara mengenakan pakaian adat masing-masing daerah.

Rasa haru dan bangga terpancar dari peserta Jamnas 2016, yang diantaranya adalah Pelajar Sekolah Menengah Pertama, perwakilan dari seluruh wilayah Indonesia, bahkan diantara mereka juga terdapat peserta Pramuka dari negara tetangga, upacara Peringatan HUT RI di Buperta Cibubur tersebut dipimpin langsung oleh Ketua Kwartir Nasional Gerekan Pramuka, Kak Adhyaksa Dault. Dan dalam Upacara HUT RI terebut, atas nama Pemerintah Kak Adhyaksa Dault juga menyerahkan Penghargaan Satya Lencana Gerakan Pramuka.

Dalam pesannya, Kak Adyaksa meminta pada seluruh peserta Jambore Nasional ini untuk terus berkarya dan kerja nyata, meskipun sudah 71 tahun bangsa Indonesia Merdeka, tetapi kenyataanya masih banyak warga negara Indonesia yang mengalami kesulitan ekonomi, maupun keterbatasan akses pendidikan maupun kesehatan, oleh sebab itu Pramuka harus bisa berkontribusi dalam pembangunan bangsa dan negara. Gerakan Pramuka harus bisa memberikan solusi bagi bangsa, ungkapnya.

Sejak Proklamasi Kemerdekaan RI 17 Agustus 1945, hingga saat ini banyak pemimpin bangsa yang lahir dari Pramuka, sebagaimana amanat Bung Karno  pada Pramuka, “Engkau dipersiapkan untuk pembangunan semesta yang sehebat-hebatnya, Engkau di persiapkan menjadi warga negara Republik Indonesia yang setinggi-tinggi nilai yang utuh, karena itu Engkau sebagai anggota Pramuka harus benar-benar bertanggung jawab, Camkan itu...!”. jadi Pramuka itu harus kerja nyata dan kerja iklas, untuk mewujudkan Indonesia yang lebih baik, sebagaimana yang tertuang dalam Dasar Darma Pramuka dan Tri Satya. “Kalau 25 tahun lalu saya ikut jadi peserta Jambore Nasional disini, dan pernah menjadi Menteri serta saat ini menjadi Ketua Kwarnas, maka 25 tahun kedepan saya berharap akan lahir Menteri-menteri, Gubernur, Bupati/Walikota serta pemimpin bangsa ini, yang lahir dari peserta Jamnas 2016 ini”, harapnya.


 Sementara ditempat yang sama, Bupati Serang, Ratu Tatu Chasanah seusai menerima penghargaan Satya Lencana Pramuka, pada wartawan menegaskan, bahwa pihaknya sebagai Ketua Majelis Pembimbing Cabang Gerakan Pramuka Kabupaten Serang yang juga menjadi Bupati Serang, terus berupaya menfasilitasi pada jajaran Kwarcab Serang dalam meningkatkan kualitas Kepramukaan.

Disamping itu sebagai Bupati Serang juga mendorong para Pembina Pramuka agar terus memberikan pembinaan pada Pramuka untuk membentuk karakter anak-anak sebagai penerus bangsa, pembinaan dari Dinas Pendidikan pada para Pembina Pramuka melalui Kursus Mahir Dasar maupun lanjutan Pembina Pramuka, ini semua dilakukan dengan harapan Kepramukaan di Kabupaten Serang maupun di Provinsi Banten akan semakin baik, dan berdampak positif bagi pembangunan Generasi Penerus Bangsa kedepan, tegas Ratu Tatu.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA