Kepala Bakamla RI: Majalah Garda Maritim Dapat Diandalkan dan Terpercaya

Kepala Badan Keamanan Laut Republik Indonesia (Kabakamla RI) Laksdya TNI Ari Soedewo, S.E., M.H. berharap agar majalah Garda Maritim terbitan Humas Bakamla RI itu dapat diandalkan dan terpercaya.

Harapan tersebut disampaikannya melalui pesan dan kesan yang dibubuhkannya di atas replika majalah yang bernafaskan keamanan maritim itu pada acara peluncuran majalah tersebut yang dirangkaikan dengan diskusi maritim yang digelar di atas geladak Kapal Nasional (KN) Belut Laut-4806, yang sedang sandar di pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta Utara, Senin (15/8/2016).

Peluncuran majalah dengan Pemimpin Redaksi (Pemred) Kolonel Laut (P) Suradi Agung Slamet, S.T., S.Sos., M.M., yang sehari-hari menjabat sebagai Kepala Biro Umum (Karoum) Bakamla RI itu, ditandai dengan pelepasan selubung nama dan balon ke udara, serta penandatanganan prasasti majalah Garda Maritim.

Kabakamla RI dalam sambutannya antara lain mengatakan, sesuai dengan namanya, sangat tepat majalah “Garda Maritim” ini berisi berbagai macam tulisan yang sesuai dengan tujuan dan topik dari majalah ini, khususnya yang menyangkut masalah kelautan dan kemaritiman. Selain sebagai majalah yang digolongkan sebagai in house magazine/company magazines, yakni majalah internal di lingkungan Bakamla RI, akan tetapi didistribusikan pula untuk kalangan eksternal (publik umum lainnya).

Majalah ini, lanjutnya, merupakan wahana untuk memperkenalkan kepada masyarakat luas tentang kiprah Bakamla dalam tugas serta pengabdiannya mengamankan lautan nusantara, sekaligus sebagai media informasi bagi masyarakat luas agar dapat memahami tupoksi Bakamla, sehingga diharapkan dapat menumbuhkan dan meningkatkan pengertian tentang apa dan bagaimana pelaksanaan dan penyelenggaraan pengamanan maritim itu sendiri di perairan yurisdiksi nasional.

Meningkatnya pemahaman dan pengertian ini diharapkan akan mendorong tumbuhnya rasa cinta, sebagaai basis bagi tumbuhkembangnya apresiasi dan akseptabilitas publik dan masyarakat kepada Bakamla.

Di tengah era keterbukaan saat ini, penerbitan majalah merupakan sarana yang murah, efisien dan efektif dalam menyebarluaskan suatu pandangan atau pemikiran. Melalui majalah, pandangan dan pemikiran dapat dikomunikasikan secara luas tanpa dibatasi oleh sekat-sekat pendidikan, kelompok maupun golongan yang ada di tengah masyarakat.

Oleh karena itu, majalah “Garda Maritim” sangat sejalan dengan konsep soft power yang sedang dan akan terus dikembangkan Bakamla dalam langkah pengabdiannya, lanjut Kabakamla RI.

Mengingat majalah ini sarat dengan pesan-pesan informatif yang perlu dipahami oleh para pembacanya, saya berharap majalah ini dapat terus disempurnakan kontennya dan dilengkapi dengan desain ilustratif dan atraktif sehingga menjadi lebih menarik dan komunikatif, serta bahasa yang digunakan dapat disempurnakan dan diolah dengan kemasan bahasa yang lebih popular dan luwes, agar lebih mudah dipahami oleh para pembaca dari berbagai kalangan. Namun demikian, dengan kelebihan dan kekurangannya, saya yakin majalah ini dapat dimanfaatkan dan dijadikan sebagai bahan informasi maupun referensi oleh masyarakat luas yang membutuhkan, lanjutnya lagi.

Penerbitan majalah Bakamla ini merupakan momentum yang harus senantiasa dijaga, dipertahankan dan ditingkatkan tidak hanya oleh seluruh tim redaksi, namun juga didukung oleh seluruh personel Bakamla.

Sebagai edisi perdana, janganlah berpuas diri dengan kehadiran majalah yang baru diluncurkan, karena saya memandang, penerbitan perdana ini justru merupakan awal dari kreativitas yang lebih besar lagi dikemudian hari.

 Disamping itu, kehadiran majalah ini harus bisa memotivasi dan menjadi stimulus personel Bakamla untuk bisa menyumbangkan pemikirannya melalui tulisan, baik secara individu maupun kolektif yang lebih berbobot dan berkualitas agar peran Bakamla semakin terdiseminasi lebih luas, imbuhnya.

Mengakhiri sambutannya, Kabakamla RI mengucapkan selamat atas penerbitan edisi perdana majalah Bakamla “Garda Maritim”, dan penghargaan yang tinggi disampaikan kepada segenap tim redaksi yang telah bekerja keras, meluangkan waktu, berpartisipasi aktif, serta penuh semangat dalam mewujudkan majalah kesangan kita ini. 

“Saya yakin, dengan komitmen yang kuat dan kepedulian yang mendalam, majalah Bakamla yang bernama Garda Maritim ini akan terus terbit secara kontinu dan berlanjut dengan bobot serta tampilan yang semakin menarik di kemudian hari”, harapnya. ( Humas)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA