Deputi Inhuker Bakamla RI Terima Kunjungan Mahasiswa Unhan

Deputi Informasi Hukum dan Kerjasama Bakamla RI Eko Susilo Hadi, SH,MH., menerima kunjungan mahasiswa Prodi Keamanan maritim Fakultas Manajemen Pertahanan Universitas Pertahanan, di Pusat Informasi Maritim Bakamla RI, JL. Dr. Sutomo-11, Jakarta Pusat, Rabu (10/8/2016).

Kunjungan bertema Peran Bakamla dalam Pemantauan Keamanan dan Keselamatan di Laut itu dalam rangka pengenalan instansi kemaritiman bagi para mahasiswa, diikuti 24 mahasiswa Cohort-3 dipimpin Sekretaris Prodi Keamanan Maritim Letkol Laut (KH) Dr. Yusnaldi, M.Pd.,M.M.

Deputi Inhuker menyambut secara terbuka dan secara sekilas menyampaikan sejarah Bakamla serta kemampuan Pusat Informasi Maritim yang menjadi tempat tujuan kunjungan para mahasiswa Unhan. Selanjutnya rombongan dipersilakan untuk mengenal lebih dalam tentang Sistem Peringatan Dini Bakamla di ruangan Pusat Informasi Maritim (PIM).

Acara diawali dengan paparan dari Kepala PIM Kolonel Laut (P) Arief Meidyanto tentang Sistem Peringatan Dini (SPD) Bakamla Untuk Pemantauan Kapal dan Sharing Informasi Guna Mendukung Operasi Kamla.

Secara garis besar mahasiswa diberikan penjelasan tentang latar belakang kebutuhan SPD berkaitan dengan tugas dan fungsi Bakamla, dimana Fasilitas yang telah dimiliki Bakamla RI saat ini, antara lain Bakamla Integrated Information System (BIIS), sistem Monitoring dan Analisa (Monalisa),Long Range Camera (LRC, Radar Coastall Surveillance (RCS), Ais base Station, dll, berikut pemanfaatan SPD pada saat ini khususnya untuk mendukung pelaksanaan tugas PIM serta untuk mendukung kerjasama antar lembaga terkait.

Pada kesempatan tersebut para mahasiswa dapat melihat secara langsung kemampuan sistem yang dimiliki Bakamla RI dalam melaksanakan tugas pemantauan dan pengawasan keamanan dan keselamatan di laut. Monalisa sebagai satu sistem pemrosesan dan pengolahan data otomatis berbasis Artificial Intelligence (AI)untuk mendukunkg Decision Support System (DSS) bagi para pengambil kebijakan strategis, serta BIIS yang merupakan pengembangan lebih lanjut dari Aissat Bakamla dan merupakan gabungan antara sistim pemantauan dan sharing Information.

Kegiatan yang berlangsung selama kurang lebih tiga jam tersebut diikuti dengan antusias dan berlangsung secara interaktif. Di akhir sesi, banyak keingintahuan dan pertanyaan yang diajukan. Kepala PIM berharap bahwa dari pertemuan singkat tersebut ada manfaat yang bisa diambil oleh para mahasiswa sehingga dapat memberikan kontribusi pada aspek keilmuan dan pengetahuan.(Humas Bakamla)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA