Kereta Kencana Mampu Sedot Perhatian Ribuan Masyarakat Citra Indah City

Kereta Kencana Mampu Sedot Perhatian Ribuan Masyarakat Citra Indah City


Masih dalam rangka memperingatai HUT ke-71 Kemerdekaan RI, seluruh warga Cluster TNI AL , Bukit Wijayakusuma, Citra Indah City, Jonggol, Bogor, Jawa Barat, dengan penuh antusias mengikuti karnaval yang digelar para Pengurus Cluster pimpinan Didik Ruspriyanto, S.Sos., di lingkungan perumahan tersebut, Minggu (28/8/2016).

Kegiatan yang dibuka oleh Camat Jonggol Beben Suhendar tersebut merupakan puncak acara dari serangkaian kegiatan yang telah digelar oleh para pengurus Cluster maupun seluruh RT di jajaran Cluster TNI AL , Bukit Wijayakusuma, Citra Indah City.

Peserta kirab tersebut diikuti seluruh warga RT 02, 03, 04, 05, dan Yayasan Al Muhajirin pimpinan Ustadz Riyanto, yang terdiri dari: Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ), Taman Kanak-Kanak Al Qur’an (TKQ), Dewan Kemakmuran Masjid (DKM), serta Baitul Maal Wattamwil Maslahah Lil Ummah (BMT), yang seluruhnya berada di wilayah Cluster TNI AL , Bukit Wijayakusuma, Citra Indah City.

Rute yang dilalui para peserta kirab dengan dengan jarak tempuh sejauh 5 kilo meter tersebut, start dari Cluster TNI AL , Bukit Wijayakusuma, Citra Indah City, keluar pintu gerbang melintasi Jl. Citra Indah Raya, Jl. Citra Indah Utama, Jl. Menteng, kemudian memutar arah balik di bundaran yang berada di depan Kantor Pemasaran Perumahan Ciytra Indah City, hingga kembali masuk ke Bukit Wijayakusuma, dilanjutkan dengan panggung hiburan yang dipandu oleh MC pilihan, yakni Ny. Endah Supeni Puji Hartono yang tampil duet dengan H. Tris Suswanto.

Ribuan masyarakat dari segala umur, mulai dari anak-anak, pemuda, hingga orang tua sangat antusias melihat penampilan dari seluruh peserta karnaval yang saling menunjukkan kreasinya.

Masyarakat Citra Indah semakin terpukau tatkala menyaksikan berbagai atraksi dari para warga RT 02 yang menampilkan ‘Kereta Kencana’ dengan berbagai aneka ragam tampilan pendukung lainnya, yakni: wayang orang, raja dan ratu beserta dayang-dayangnya, tari kreasi, replika alut sista, dll.

Bahkan, saat tim karnaval unggulan tersebut melintas di Jl. Menteng yang kebetulan ada panggung gembira di lapangan bola perumahan tersebut, seluruh penonton artis papan atas Indra Brugman pun segera mengalihkan pandangannya terpusat kepada keunikan ‘kereta kencana’ dan tarian ‘gila’ yang diperankan oleh warga RT 02 dari Cluster TNI AL itu.
Untuk mewujudkan tekadnya dalam membuat ‘Kereta Kencana’, Ketua RT 02/09 Yusbandi sengaja mengerahkan seluruh warganya untuk bersatupadu mencurahkan kreasinya yang dipimpin langsung oleh seorang seniman ternama yakni Iwan Sanusi yang didukung para seniman lainnya, Acep, Thamrin, Istiono, serta sejumlah tim kreatif lainnya, yang kebetulan juga bertempat tinggal di wilayah tersebut.

Karnavalpun semakin semarak manakala belasan warga RT 02 tampil dengan tari kreasinya yang dipimpin langsung oleh koreografer yang cukup banyak memiliki ‘jam terbang’ di bidang seni tari, yakni Slamet Suyanto dan Nur Hadi.

Bukan itu saja. Beberapa saat menjelang pemberangkatan lima tim peserta Karnaval oleh Camat Jonggol Beben Suhendar, Pembina Cluster TNI AL Wijayakusuma Laksda TNI Kingkin Suroso, Manager Citra Indah City Mawardi, Ketua Cluster TNI AL Wijayakusuma Didik Ruspriyanto, S.Sos., serta Pembina Yayasan Al Muhajirin Drs. Syarif Thoyib, M.Si., tampak ada dua orang warga RT 02 yang mendemokan kemampuannya untuk makan beberapa bilah pisau dalam kondisi sangat panas karena telah dibakar di atas bara api, setelah sebelumnya juga ditampilkan atraksi bela diri karate asuhan Didik Irawan dan tae kwon do asuhan Didik Ruspriyanto, S.Sos.


Camat Jonggol Beben Suhendar merasa bangga dan terharu melihat penampilan seluruh peserta karnaval, terlebih setelah melihat penampilan para warga RT 02 yang menurutnya penuh semangat dan kaya akan kreatifitas.

Karenanya, Beben Suhendar berjanji akan segera menggelar karnaval terbesar di Kabupaten Bogor, yang tentu saja tak ketinggalan akan menampilkan karya-karya dari tim kreatif RT 02/09, Bukit Wijayakusuma, Citra Indah City, yang kali ini telah sukses menyabet gelar juara satu karnaval dan kreatifitas terbaik umum tersebut.

Menyoal tentang karnaval, sejatinya sejak Cluster TNI AL diresmikan oleh Presiden RI kala itu Dr. Susilo Bambang Yudhoyono pada tahun 2007 dan kemudian dibentuk pengurus RW 09 pada tahun 2008 sudah langsung menggelar karnaval serupa yang melibatkan seluruh RT se- RW 09, meski masih penuh dengan keterbatasan karena memang jumlah warga maupun sarana dan prasarana yang belum memadai. Kala itu sempat berjalan hingga tahun 2010.
Seiring dengan perkembangan situasi, pada tahun 2011 hingga saat ini karnaval terus digelar oleh warga Cluster TNI AL Bukit Wijayakusuma, Citra Indah City. Meski pengurus RW maupun Pemerintah Desa belum sempat memberikan perhatian kusus tentang kegiatan tersebut, namun seluruh warga Cluster TNI AL Bukit Wijayakusuma, Citra Indah City tetap semangat dan penuh antusias untuk tetap menggelar kegiatan tahunan tersebut.

Sementara itu, masih dalam rangka memperingati HUT ke-71 Republik Indonesia, seluruh warga Cluster TNI AL, Bukit Wijayakusuma, Citra Indah City, telah mengikuti berbagai lomba yang digelar secara serentak oleh empat RT di Cluster tersebut, yakni RT 02, 03, 04, dan RT 05.

Menurut Ketua Cluster TNI AL Wijayakusuma yang juga menjabat rangkap sebagai Wakil ketua RW 09 Desa Sukamaju, Didik Ruspriyanto, S.Sos., berbagai jenis perlombaan ini digelar tak hanya sekedar untuk mencari kesenangan semata, namun lebih dari itu untuk memupuk kembali rasa nasionalisme seluruh warga di wilayah kepemimpinannya.
Kegiatan tahunan tersebut dilakukan atas ide cemerlang dari pengurus yang disampaikan dalam rapat dan mendapat dukungan penuh dari seluruh warga, tuturnya.

Adapun beberapa jenis perlombaan yang dihelat tahun ini antara lain: lomba kebersihan lingkungan, lomba hias sepeda, motor, dan mobil, serta berbagai jenis perlombaan tradisionil, antara lain: makan kerupuk, balap kelereng, joget berpasangan, dll.
Demi netralitas dalam penilaian, tim juri tidak melibatkan ‘orang dalam’, melainkan terdiri dari gabungan Staf Desa dan Staf Pengembang.

Indikator dan skala nilai lomba kebersihan lingkungan antara lain: taman tepi jalan dan kebersihan jalan, kerapihan bak sampah, saluran air, gapura, kerapihan dan keindahan lingkungan, taman toga, serta fasilitas umum lainnya.

Setelah dilakukan penilaian, kemudian dilakukan evaluasi penentuan nominator lomba kebersihan, bagi RT yang juara diberikan piala bergilir dari panitia, yang diserahkan langsung oleh Pembina Cluster, Laksda TNI (Purn) Kingkin Suroso.

Dari hasil evaluasi secara umum banyak sisi positifnya, masyarakat bisa lebih berpartisipasi langsung terhadap program rutinitas yang selalu dilaksanakan semenjak tahun 2008 agar setiap warga bisa senantiasa mencintai lingkungannya, apresiasi dan antusiasme warga terhadap lomba cukup bagus.

Seluruh rangkaian acara tersebut ditutup dengan panggung gembira di lapangan bulu tangkis Cluster TNI AL Wijayakusuma, yang dirangkaikan dengan pembagian hadiah para juara.
Juara 1 karnaval berhasil direbut oleh peserta dari RT 02, juara 2 RT 03, sementara RT 04 harus puas pada posisi ke 3. Pada lomba karnaval tersebut, RT 02 tak saja menyandang predikat juara 1, tetapi juga berhasil memperoleh nilai kreatifitas terbaik umum. Sedangkan untuk lomba kebersihan, juara 1 RT 03, berturut-turut RT 04 dan RT 02.(Nrl)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA