Asops Kasau: Cope West & Spear Iron Positif Bagi TNI AU – USAF

Asops Kasau: Cope West & Spear Iron Positif Bagi TNI AU – USAF

Asisten Operasi (Asops) Kasau, Marsekal Muda (Marsda) TNI Barhim, mengatakan, latihan bersama (Latma) antara TNI AU dengan USAF dengan sandi Cope West 2018 dan Spear Iron, yang digelar pada 12 – 23 Maret 2018 di Manado, Sulawesi Utara membawa dampak positif bagi Angkatan Udara kedua negara.

Asops Kasau berharap, ke depan Latihan yang ditujukan untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme penerbang, crew dan prajurit Paskhas dalam mengembangkan taktik dan teknik operasi udara ini, dapat terus berlanjut.

Menurutnya, hal positif yang dapat di ambil dari Latma yang melibatkan 300 personel kedua negara ini adalah terbangunnya kerjasama dan kesepahaman serta saling tukar pengetahuan antara peserta latihan.

“Hal terpenting, bahwa latihan ini menjadi ajang yang baik guna mempererat persahabatan dan memperkuat hubungan kedua Angkatan Udara,” ujarnya saat menutup latihan bersama itu di apron bandara Pangkalan TNI AU Sam Ratulangi Manado, Jumat (23/3/18).

Dikatakannya, latma ini juga bermanfaat sebagai referensi TNI AU, khususnya para penerbang tempur karena dapat saling tukar ilmu dan kemampuan taktik pertempuran udara terkini, mulai penggunaan smart weapon berkemampuan Beyond Visual Range (BVR) hingga Close Combat (pertempuran jarak dekat).

Sementara itu, Mobilization Assitance to Commander US PACAF, Major General Walter J Sams, menyampaikan apresiasi yang tinggi atas kerjasama yang baik antara kedua belah pihak, sehingga latihan dapat berjalan dengan baik. Kepada Asops Kasau, ia berharap, agar interaksi kedua Angkatan Udara dapat terus berlanjut.

“Saya berharap interaksi diantara kita terus berlanjut, sehingga tercipta persahabatan dan saling percaya yang kuat, guna memahami kedua Angkatan Udara,” ujar MajGen Walter J.Sams.

Latma Cope West 2018 dan Spear Iron, melibatkan unsur pesawat tempur F-16 dari Skadron 16 Lanud Rusmin Nuryadin Pekanbaru dan 13th Figther Squadron USAF yang berhome base di Misawa Jepang serta prajurit Wing II Paskhas.

Turut hadir dalam Upacara Penutupan Latihan tersebut adalah para pejabat dari Mabesau, Dankorpaskhas Marsda TNI T Seto Purnomo, para pejabat FKPD Provinsi Sulawesi Utara dan pejabat Delegasi Militer Amerika Serikat serta Danlanud Sam Ratulangi Kolonel Nav Insan Nanjaya. (MRZ)

Baca Juga:

    Kemampuan TNI AU dan USAF Latihan Bersama Meningkat Pesat
    Kasau dalam Rapim TNI AU: Persiapkan Pengembangan TNI AU Secara Cermat dan Matang
    Tahun Ini, TNI AU Bangun Koopsau III di Papua
    Mabes TNI Mutasi Jabatan Perwira TNI
    Koalisi Masyarakat Sipil Minta Presiden Siapkan Pengganti Panglima TNI

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA