Koarmabar Gelar Latihan Perencanaan Strategis Bidang Pertahanan Negara Tahun 2018

Koarmabar Gelar Latihan Perencanaan Strategis Bidang Pertahanan Negara  Tahun 2018

Jakarta, 26 Maret 2018, Komando Armada RI Kawasan Barat (Koarmabar) menggelar Latihan Perencanaan Strategis (Latrenstra)  Bidang Pertahanan Negara  Tahun 2018, yang dibuka oleh Asisten Perencanaan (Asrena) Pangarmabar Kolonel Laut (P) Retiono Kunto H., S.E, di Gedung Nanggala Markas Komando (Mako) Koarmabar, Jakarta Pusat, Senin (26/3).

Dalam sambutannya, Asrena Pangarmabar menyampaikan perencanaan strategis bidang pertahanan negara merupakan suatu rangkaian kegiatan perencanaan secara berurutan yang dilaksanakan setiap dua puluh tahun dan dijabarkan dalam periode lima tahunan serta selanjutnya dirinci dalam perencanaan tahunan. Sebagai bagian dari sistem tersebut, Kotama atau satker harus berperan dan terlibat secara aktif agar perencanaan strategis mendapatkan hasil yang baik.

Selanjutnya Asrena Pangarmabar mengatakan bahwa latihan yang baru pertama kalinya dilaksanakan di Koarmabar ini diharapkan peserta latihan memahami secara utuh rangkaian kegiatan proses perencanaan bidang pertahanan negara matra laut sebagai bekal di penugasaan. Latrenstra bidang pertahanan Koarmabar tahun 2018 pada hakikatnya merupakan latihan bagi perwira Koarmabar dalam bidang studi strategi  yang menuntut adanya pengaplikasian atau penerapan seluruh teori yang nantinya akan diajarkan dan dipelajari. Dalam kegiatan Latrenstra pembangunan bidang pertahanan kali ini tidak hanya pada lingkup proses perencanaan jangka panjang, namun juga pada lingkup proses perencanaan jangka menengah dan jangka pendek.

Diakhir sambutannya, Asrena Pangarmabar mengharapkan para peserta latihan agar dapat lebih memperhatikan mekanisme Latrenstra tanpa mengabaikan tutntutan tersusunnya produk naskah yang bermutu serta memiliki bobot kualitas sesuai dengan standar baku yang telah ditetapkan. Serta dapat menggali sekaligus memecahkan permasalahan yang ditemui dalam pelaksanaan latihan, sehingga dapat mengasilkan konsep dan pemikiran baru guna menjawab tatangan tugas dimasa yang akan datang.

Latrenstra  Pembangunan Bidang Pertahanan Tahun 2018 ini, mengambil tema “Melalui Latrenstra Pembangunan Bidang Pertahanan Tahun 2018, Koarmabar Akan Meningkatkan Kemampuan Dan Pengetahuan Perwira Dalam Penyusunan Dokumen Serta Melaksanakan Mekanisme Renstra Koarmabar Guna Menghadapi Tugas Di Masa Mendatang”. Kegiatan Latrenstra Pembangunan Bidang Pertahanan ini dilaksanakan mulai tanggal 26 sampai 29 Maret 2018. Serta diikuti oleh para perwira menengah jajaran Koarmabar.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala Pegawasan dan Pengendalian (Kawasdal) Kolonel Laut (P) Heri Widodo, S.A.P., Kepala Tim (Katim) Penilai Dankolatarmabar Kolonel Laut (P) Suharto, S.H., M.Si. (Han), Aspers Pangarmabar Kolonel Laut (P) Deni Herman, S.T., M.AP., Kadisminpersarmabar Kolonel Laut (P) Agus Pratopo Budi Sarjono, S.T.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA