Lanal Tanjung Balai Karimun Serahkan 185 Cagar Budaya Ke Disparbud Karimun Yang Diamankan di Moro

Lanal Tanjung Balai Karimun Serahkan 185 Cagar Budaya Ke Disparbud Karimun Yang Diamankan di Moro

Jakarta, 28 Mei 2018, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Tanjung Balai Karimun menyerahkan sebanyak 185 unit barang cagar budaya ke Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kabupaten Karimun. Barang cagar budaya tersebut diserahkan Pjs Komandan Lanal (Danlanal) Tanjung Balai Karimun Letkol Laut (PM) Didik Wahyudi, M.Tr. Hanla kepada Kepala Disparbud Kabupaten Karimun, Zamri, di Mako Lanal Tanjung Balai Karimun, Sabtu (26/5).

Adapun rincian barang cagar budaya yang diserahkan antara lain berupa 112 mangkok sedang warna putih sebanyak, 15 mangkok kecil warna hitam, 20 mangkok kecil warna putih, 1 ceret, 18 kendi sedang, 5 kendi kecil dan sejumlah 14 potongan benda yang pecah/rusak.

Pjs Danlanal Tanjung Balai Karimun, Letkol Laut (PM) Didik Wahyudi, M.Tr. Hanla mengatakan, ditemukan barang cagar budaya tersebut pada saat Patkamla Pulau Karimun Combatboat beserta tim gabungan WFQR Lanal TBK, WFQR Lantamal IV dan WFQR Armada I melaksanakan pengamatan intelijen disekitar perairan Moro dengan target operasi diduga ada sebuah speed boat mencurigakan pada tanggal 25 Mei 2018.

Kemudian, tim melaksanakan pengecakan dan pemeriksaan terhadap speed boat tanpa nama yang berlayar dari Pulau Kasu Belakang Padang Batam tujuan perairan Moro tersebut. Akhirnya tim mendapati sedang ada kegiatan pengambilan Barang Muatan Kapal Tenggelam (BMKT) atau cagar budaya secara ilegal yang dilakukan sebanyak lima orang.

"Dari kelima orang itu, AT merupakan pemilik kapal sedangkan 4 orang lainnya berinisial Y, A, N dan R. Kelima orang yang pekerjaannya sebagai nelayan ini adalah warga Pulau Kasu Belakang Padang Batam. Modus yang mereka gunakan dalam beraksi berpura-pura menjadi sebagai nelayan. Pengakuan mereka, sudah berkali-kali melakukan kegiatan ilegal tersebut," jelas Pjs Danlanal Tanjung Balai Karimun.

Di tempat yang sama Kadisparbud Kabupaten Karimun, Zamri menyampaikan, untuk sementara waktu ini barang cagar budaya yang diserahkan Lanal Karimun diamankan di kantor Disparbud Kabupaten Karimun. Dalam satu dua hari ini tim ahli dari Balai Pelestarian Cagar Budaya Sumatera Barat akan datang ke Karimun untuk meneliti barang cagar budaya yang ditemukan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA