Seskoal Selenggarakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018

Seskoal Selenggarakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2018

Seskoal, 1 Juni 2018, Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) menyelenggarakan upacara peringatan hari lahir Pancasila tahun 2018 dengan upacara militer bertempat di Lapangan Apel Laut Jawa Bumi Cipulir Seskoal, Jakarta Selatan, Jumat (1/6). Bertindak selaku Inspektur Upacara, Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Sulistiyanto, S.E., M.M., M.Sc. Upacara tersebut diikuti seluruh Prajurit dan PNS Seskoal serta Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-56 TP 2018 dengan Komandan Upacara Kasubdep Teknologi Depiptek Letkol Laut (T) Tedi Setiawan.

Dalam upacara tersebut, Komandan Seskoal membacakan sambutan tertulis Presiden RI Ir. Joko Widodo. Dalam sambutannya, Presiden RI Ir. Joko Widodo mengatakan bahwa sudah 73 tahun, Pancasila sudah menjadi bintang pemandu bangsa Indonesia. Pancasila bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya. Serta Pancasila sudah menjadi rumah yang ber-Bhineka Tunggal Ika sampai akhir zaman Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia.

Pancasila merupakan berkah indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada bangsa Indonesia, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para Founding Fathers Indonesia. Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945. Para pendiri bangsa dari berbagai kelompok, golongan dan latar belakang duduk bersama untuk menetapkan Pancasila sebagai pemersatu segala perbedaan. Pancasila berperan sebagai falsafah dan dasar Negara yang kokoh, yang menjadi fondasi dibangunnya Indonesia yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur.

Peringatan hari lahir Pancasila di setiap tanggal 1 Juni ini agar dimanfaatkan sebagai momen pengingat, momen pemacu dan momen aktualisasi nilai-nilai Pancasila.  Marilah terus mengamalkan warisan mulia para Founding Fathers untuk kemajuan bangsa, dan sekaligus juga menjadi sumbangsih Indonesia kepada masyarakat dunia.  Kita harus terus menerus bersatu untuk memperkokoh semangat Bhineka Tunggal Ika dalam upaya untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa pemimpin.

Lebih lanjut dikatakan Presiden RI Ir. Joko Widodo, dengan semangat dan energi kebersamaan diharapkan mampu membuat Indonesia berprestasi dan memenangkan kompetisi. Presiden Joko Widodo yakin semangat berprestasi itu tertanam kuat di dada para atlet kita untuk mengibarkan bendera merah putih di Asian Games dan Asian Paragames yang diselenggarakan tahun ini.

Pada kesempatan itu, Presiden RI Ir. Joko Widodo mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintah, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian kita. Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah dalam membawa Indonesia menuju Negara yang maju dan jaya.

“Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita Bersatu, Kita Berbagi, Kita Berprestasi”, Demikian akhir kata sambutan Presiden RI Ir.Joko Widodo yang disampaikan oleh Komandan Seskoal.(Nurul)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA