Forum Komunikasi Bidang Pengembangan Masyarakat dan Kawasan Transmigrasi


Program transmigrasi terbukti mampu mendukung program ketahanan pangan nasional secara  signifikan. Hingga tahun lalu, sudah ada lebih dari 4,5 juta hektar lahan pertanian baru hasil transmigrasi di 2.746 unit permukiman transmigrasi.
Dari luasan itu,37% atau seluas 1.678.702,5 hektare di antaranya telah menjadi sentra produksi pangan. “Sumbangsih produksi padi sebanyak kurang lebih 8,4 juta ton gabah kering giling per tahun,” kata Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Muhaimin Iskandar saat menghadiri forum komunikasi transmigrasi di Makassar.

Forum tersebut diikuti pihak- pihak yang berkaitan dengan program bidang Pembinaan, Pengembangan Masyarakat dan Kawasan Transmigrasi (P2MKT), termasuk Dirjen P2MKT Ir. Roosari Tyas Wardani, MA. Turut hadir pula  Wakil Gubernur Sulsel Agus Arifin Nu’mang.
 Forum ini diadakan setiap satu tahun sekali oleh P2MKT. Forum yang menjadi silahturahmi antara jajaran bidang ketransmigrasian P2MKT baik Provinsi Kabupaten/Kota maupun pusat, forum ini juga dijadikan sebagai ajang memulai penyusunan anggaran P2MKT untuk tahun depan dan sekaligus pemantapan evaluasi kinerja pada tahun ini, ujar Dirjen P2MKT Roosari Tyas Wardani pada pembukaan forum yang dilaksanakan di Makassar. Lebih lanjut pada forum ini ia mengingatkan untuk tahun 2012 ini seluruh jajaran P2MKT agar dapat meningkatkan kualitas kinerja.

Roosari Tyas Wardani menjelaskan, untuk mendukung program transmigrasi supaya lebih baik dari tahun sebelumnya ia mencoba dengan seluruh jajaran khususnya P2MKT baik pusat maupun provinsi agar dapat menjadi fasilitator dan motivator yang baik. “Dengan demikian teman-teman transmigran khususnya di Kabupaten/Kota dan yang berada dilokasi yang jauh dapat mempunyai akses terbuka langsung untuk berkomunikasi langsung baik dengan pusat dan daerah sehingga jika ada problem di daerah bisa kita tangani secara bersama-sama”, ujar Dirjen P2MKT.

Saya berharap Forum Komunikasi Bidang Pembinaan Pengembangan Masyarakat dan Kawasan Transmigrasi tidak hanya sekedar menjadi forum silaturahmi, namun lebih jauh menjadi wahana strategis untuk membangun dialog dan komunikasi terbuka serta terarah terutama terkait Program Pembinaan Pengembangan Masyarakat dan Kawasan Transmigrasi. Forum ini juga dapat digunakan sebagai sarana percepatan penyelesaian beban tugas tahun 2012 serta  pembahasan usulan program dan anggaran tahun 2013.
Forum ini juga diharapkan akan mampu mewujudkan sinergitas program dan kegiatan Pusat dan Daerah, serta kolaborasi program dengan sektor terkait di Pusat dan Daerah secara lebih optimal, tambah Ir. Roosari Tyas Wardani, MA.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA