Gempa Kembali Guncang Aceh

Gempa berkekuatan 8,9 skala richter kembali guncang Provinsi Aceh Darusallam, beberapa daerah terjadi Tsunami, namun ketinggian air baru mencapai 80 centi  meter, namun masyarakat diminta tetap waspada.

 Air kini  sudah naik di Meulaboh dan Sabang. menurut Kepala Usat Data dan informasi BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, gempa susulan akan terjadi dan gempa juga yerasa hingga Bengkuli, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, Jambi bahkan hingga India,Singapura  dan Malaysia.

Saat ini BNPB terus melakukan koordinasi bengan BPDB NAD, serta segera mengirim tim reaksi cepat dan bantuan lain yg dibutuhkan, bertempat di halim telah siap limaratus anggota tentara dan satuan reaksi cepat bencana, namun keberangkatanya masih menunggu tim survey yg dipimpin langsung oleh kepala bnpb.
kejadian gempa sesar geser ini memang tidak berpotensi tsunami besar, namun secara guncangannya dengan gempa diatas 8 sr, berpotensi merusak bangunan! kejadian gempa  kali ini berada pada lempeng australia hingga malam ini gempa susulan sampai sembilan kali dan kemungkinan susulan akan terjadi, namun masyarakat diminta tetap tenang.

beberapa daerah yg mengalami kerusakan adalah disepanjang pantai sumatera karena titik gempa pada posisi lima ratus kilometer dari sumatera barat

PRESIDEN INSTRUKSIKAN BNPB KE LOKASI GEMPA

Setelah Presiden memperoleh laporan kejadian gempabumi dan potensi tsunami di sepanjang pantai barat Sumatera dari Kepala BNPB, Presiden menginstruksikan Kepala BNPB dan kementerian/lembaga terkait langsung ke lokasi bencana. BNPB telah memberangkatkan 3 tim yaitu ke Simeulue, Padang dan Bengkulu. Tim ke Simeuleu terdiri 8 orang dari BNPB, PU, Kemkes, Kemsos, Basarnas yang langsung diketuai Kepala BNPB berangkat dari Halim Perdanakusumah pada pukul 18.30 WIB. Tim kedua ke Padang diketuai Deputi Penanganan Darurat BNPB sedangkan Tim 3 ke Bengkulu diketuai Direktur Tanggap Darurat BNPB. Tugas utama tim adalah melakukan damage assessment dan kebutuhan untuk penanganan darurat.

BNPB juga telah melakukan koordinasi dengan kementerian/lembaga dalam penanganan darurat. Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (SRC PB) yang berada di Halim PK dengan pesawat Hercules telah disiapkan. Demikian pula pesawat Boeing 737, CN 235, Fokker dan lainnya dari TNI telah disiapkan jika diperlukan dilapangan. Helicopter Basarnas yang berada di Sibolga akan melakukan pemantauan besok pagi. Koordinasi dengan BPBD dan instansi terkait dilakukan dalam memantau kondisi terkini dampak bencana.

Hingga saat ini BPBD di daerah masih melakukan pendataan dan penanganan bencana. Laporan sementara 4 orang luka ringan di Simeulue dan 1 jembatan putus di Acesh Besar. Sebagian besar masyarakat telah kembali ke rumah. Listrik di Aceh dan Simeulue telah nyala kembali.

Berdasarkan laporan dari BPBD Aceh Barat. Telah terjadi tsunami kecil pukul 15.38 wib setelah gempa kedua dengan ketinggian 80 cm yang melanda desa Suak Indrapuri air menerjang sampai ke dalam rumah dengan jarak 50 meter tidak ada korban. Kondisi Meulaboh sdh mulai normal masyarakat ada yang sdh pulang tetapi banyak yang masih bertahan di tujuh titik dengan jumlah lebih kurang 10.000 orang dan kerusakan jembatan di bubon arongan dan sungai mas dgn kerugian lebih kurang 2 milyar

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA