Waka Kwarnas buka JOTA ke 78 dan JOTI Ke 36

Kegiatan Jamboree On The Air (JOTA) Nasional ke-78 dan Jamboree On The Internet (JOTI) Nasional ke-36 sebagai salah satu pertemuan bagi pramuka lintas golongan (semua golongan usia) yang rutin dilaksanakan setiap tahun. Dalam JOTA, setiap pramuka dapat berbincang, berdiskusi, dan bertukar pengalaman dengan pramuka lain di seluruh Indonesia dengan menggunakan sarana radio amatir. Sedangkan JOTI, serupa dengan JOTA, hanya saja media komunikasi yang dipergunakan adalah chatting, Facebook atau Skypi via internet serta media sosial lain. Selain akan mendapatkan berbagai pengalaman dan sahabat baru dari sesama anggota pramuka se Indonesia, hal tersebut diungkapkan Ketua Ketua Panitia JOTA JOTI Tingka Nasional, Kak Alif.

Lebih jauh dijelaskan, bahwa Jamboree On The Air dan Jamboree On The Internet Nasional atau JOTA -JOTI Nasional yang digelar pada 16 sampai 18 Oktober 2015 tersebut, adalah Jamboree On The Air ke-78 dan Jamboree On The Internet ke-36. pelaksanaan Jota-Joti Nasional, menurut Alif Nurfakhri, bahwa kegiatan ini digelar berdasarkan Surat Edaran Kwartir Nasional Gerakan Pramuka yang dikirimkan kepada Ketua Kwartir Daerah dan Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka se-Indonesia. Jadi dalam kegiatan Jamboree On The Air Nasional ke-78 dan Jamboree On The Internet  Nasional ke-36 diselenggarakan secara serentak di seluruh wilayah Indonesia, paparnya.

Waka Kwarnas Bidang Organisasi, PA.Kodrat Pramudho, juga menegaskan, bahwa Kwartir Nasional Gerakan Pramuka mendukung penuh para Pramuka untuk melakukan komunikasi melalui Jamboree On The Air dan Jamboree On The Internet, apalagi komunikasi sesama anggota Pramuka  Nasional maupun Internasional ini akan menambah ilmu dan pengetahuan bagi para Pramuka, dimana percakapan dengan Pramuka negara lain menggunakan menggunakan Bahasa Inggris, maka saya yakin kemampuan bahasa Inggris mereka akan meningkat.

Disamping itu perlu juga upaya memaksimalkan kemampuan dalam memanfaatkan teknologi internet, seperti untuk jual beli online maupun melakukan servis HP, karena kedepan Pramuka juga harus mampu mandiri, dengan ketrampilan tersebut saya yakin kedepan akan bermanfaat bagi para anggota Pramuka secara ekonomi, dan saya berharap komunikasi sesama anggota Pramuka tersebut tidak hanya saat kegiatan JOTA JOTI ini, tetapi juga bisa dilakukan setiap saat untuk membangun komunikasi sesama anggota Pramuka, harapnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA