Waspadai Tai Lalat di Tubuh Anda

Kanker Kulit adalah jenis pertumbuhan abnormal sel-sel kulit. Kanker kulit paling sering dijumpai pada orang berkulit cerah, namun demikian tidak semua bercak/benjolan di kulit adalah kanker.


Dalam sambutannya,  Kepala RSU Bunda Jakarta, Dr. Didid Winnetouw mengatakan, Dermatologi-venereologi Clinic RSU Bunda Jakarta menyediakan layanan dan perawatan kulit yang beragam dan berkualitas bagi pria dan wanita semua usia. Mulai dari diagnostik hingga penanganan terapeutik yang invasif dan non-invasif. Dermatologi-venereology Clinic RSU Bunda Jakarta ini menggunakan berbagai teknik perawatan inovatif untuk memperbaiki kelainan di kulit wajah, tubuh serta mencegah efek penuaan dan kerusakan yang disebabkan paparan sinar matahari dan lainnya.

"Perawatan Onkologi di RSU Bunda Jakarta mampu melayani deteksi dini kanker, pembedahan dan kemoterapi berbagai jenis kanker yang didukung oleh fasilitas dan tenaga medis yang handal dan terpercaya", ungkap Didid.
Sementara dalam seminar  Kesehatan di Aula Rumah Sakit Umum Bunda Jakarta, jl Teuku Cik Ditiro 21 Menteng, Jakpus, dalam paparannya, dr Richael Djuanda,SpKK dari RSU Bunda Jakarta menjelaskan, bahwa benjolan di permukaan kulit atau yang biasa disebut Tumor, bahwa Tumor bisa bersifat ganas atau jinak, dimana Tumor jinak biasanya memiliki bentuk dan struktur baik, tumbuhnya lambat atau bahkan tidak tumbuh sama sekali. Dan tidak meluas ke jaringan sekitar.

Berbeda dengan Tumor ganas yang bentuknya tidak beraturan atau strukturnya buruk, dan tumbuh dengan cepat bahkan dapat meluas ke jaringan sekitar bahkan ke pembuluh nadi.

Lebih jauh dr. Richael menjelaskan, ada beberapa jenis tumor jinak dikulit misalnya nevus pigmentosus yang dikenal sebagai "tai lalat". Dan tai lalat biasanya sudah ada sejak lahir, dan berisi pigmen kulit. Keratosis seboroik, atau semacam tai lalat kecil yang muncul setelah tua. Biasanya muncul diwajah. Dan itu juga tumor jinak lain di kulit. Selain itu  ada XANTELESMA atau bintik-bintik putih  disekitar mata berisi lemak.


Tumor jinak ini selama tidak menimbulkan keluhan tidak perlu dibuang, tetapi untuk masalah estetika bisa dihilangkan dengan bedah minor, tetapi jika ada keluhan atau terjadi perubahan bentuk, perubahan warna  bahkan terjadi pendarahan (bukan karena di garuk) harus segera dilakukan pemeriksaan ke dokter untuk memastikan apakah bercak atau benjolan di kulit tersebut termasuk yang ganas, tegas dokter spesialis Kulit RSU Bunda Jakarta tersebut.

Untuk penanganan operasi baik melalui Bedah Listrik, Tetapi Bedah Beku maupun dengan Operasi pengangkatan benjolan, dapat dilakukan di RS Bunda Jakarta, dan cara yang paling baik adalah dengan opersi pengangkatan, karena benjolan akan diangkat sesuai kedalaman maupun lebar benjolan tersebut, dan untuk pemulihan juga lebih baik, oleh sebab itu masyarakat harus bisa melakukan deteksi dini dan secepatnya jika ada perubahan yang mengganggu, tegasnya.



0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA