Asops Kasal Resmikan Bakti TNI AL Di Bali

Asops Kasal Resmikan Bakti TNI AL Di Bali

Denpasar, 29 Juli 2017
Asisten Operasi (Asops) Kasal Laksamana Muda TNI I.N.G.N. Ary Atmaja, S.E., mewakili Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P. meresmikan pelaksanaan serbuan maritim TNI AL dalam rangka operasi bakti TNI AL 2017, bertempat di Pura Dalem Bunkeneng, Desa Pekraman, Tonja, Denpasar Utara, Kodya Denpasar, Sabtu, (29/7).

Peresmian kegiatan serbuan maritim tersebut ditandai dengan pengguntingan pita dan penandatanganan prasasti oleh Asops Kasal serta penyerahan secara simbolis dua buah kursi roda dan pemberian sembako kepada 9 orang perwakilan masyarakat. 

Pada kesempatan yang sama, dilaksanakan pula penyerahan pakaian pemangku Pura Dalem Bunkeneng dan pakaian pemangku Pura Ibu Sari Banjar Tega serta pemberian bantuan dana punia Pura Dalem Bunkeneng oleh Ny. Ary Atmaja.

Dalam amanat Kasal yang dibacakan oleh Asops Kasal mengatakan bahwa pemberdayaan wilayah pertahanan laut diselenggarakan melalui usaha membangun dan membina kemampuan seluruh sumber daya nasional bidang maritim. Kegiatan ini merupakan implementasi tugas TNI Angkatan Laut dalam bidang pertahanan laut sekaligus wujud nyata kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam meningkatkan kesejahteraan dan mendukung pertahanan negara di laut.

Lebih lanjut dikatakan Kasal, pembinaan potensi maritim merupakan langkah nyata TNI Angkatan Laut dalam rangka meningkatkan kemampuan dan taraf hidup serta kesejahteraan masyarakat, sehingga diharapkan menumbuhkan motivasi dan semangat jiwa bahari dalam menyeimbangkan antara kepentingan kesejahteraan, keamanan dan dan kelestarian lingkungan.

Kasal juga menambahkan bahwa pembinaan potensi maritim yang telah dilaksanakan TNI AL antara lain pembinaan ketahanan wilayah, komunikasi sosial, dan bakti TNI. sedangkan pemilihan daerah sasaran harus dipilih yang tepat, dengan tujuan hasilnya dapat dirasakan langsung oleh masyarakat.

Sementara itu, kegiatan berupa pelayanan dan pengobatan umum ini, bekerjasama dengan Dinas kesehatan Kotamadya Denpasar dan bertindak selaku Komandan Satgas Operasi Bakti TNI AL wilayah Bali Komandan Lanal Denpasar Kolonel Laut (P) GB. Oka. 

Sebelumnya telah dilaksanakan kegiatan pendahuluan yakni pembangunan fisik berupa pengecoran jalan dan pemafingan halaman Pura Dalam Bunkeneng serta kegiatan bakti sosial kesehatan berupa operasi katarak kepada 11 orang dan pembagian kacamata sebanyak 425 kepada masyarakat yang dilaksanakan pada tanggal 18 Juli yang lalu. 

Kegiatan bakti TNI AL 2017 ini telah dilaksanakan untuk yang kesekian kalinya di beberapa tempat, antara lain di Sukabumi, Lampung, Purwakarta, Indramayu dan Kediri serta tempat lainnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut yakni Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal) Laksda TNI I.G. Putu Wijamahadi, Staf Ahli bidang Kedaulatan Wilayah dan Kemaritiman Kemenko Polhukam Laksma TNI I Nyoman Nesa, Kasarmatim Laksma TNI I.N.G. Ariawan, Danpuspomal Brigjen TNI (Mar) I Ketut Suardana, Kadispotmar Brigjen TNI (Mar) I Ketut Suarya, Danguskamlatim Laksma TNI I Nyoman Sudihartawan, Kasdam Bali Brigjen TNI Stefanus Trimulyo, Wadan Lantamal V Kolonel (Mar) Nana Rukmana dan Sekdispenal Kolonel Laut (P) Syufenri serta pejabat Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompida) Kota Denpasar, serta tokoh agama dan adat desa Pekraman Tonja.(Nrl)


0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA