SATGAS KJK 2018 DIBERANGKATKAN MENUJU RUSIA

SATGAS KJK 2018 DIBERANGKATKAN MENUJU RUSIA

Surabaya, 2 Agustus 2018, Satuan Tugas (Satgas) Kartika Jala Krida (KJK) 2018 yang akan berlayar menuju Rusia dengan menggunakan KRI Bimasuci-945, Kamis (2/8) dilepas keberangkatannya oleh Panglima Koarmada II Laksamana Muda TNI Didik Setiyono, S.E., M.M dari Dermaga Madura Koarmada II, Surabaya.

Kapal dengan Komandan  Letkol Laut (P) Widyatmoko Baruno Aji ini akan berlayar kurang lebih selama 100 hari dengan rute pelayaran yaitu Surabaya – Batam – Zhanjiang (China) – Yeosu (Korsel) – Vladivostok (Rusia) – Qingdao (China) – Yokosuka (Jepang) – Jeju (Korsel) – Manila (Filipina) – Bitung dengan membawa sebanyak 100 orang Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) tingkat III angkatan 65 tahun 2018.

Kasal Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. dalam amanat tertulis yang dibacakan Pangkoarmada II menekankan agar seluruh personel Satgas KJK dapat selalu menjaga martabat serta nama baik bangsa dan negara Indonesia, selain itu juga menekankan pelaksanaan fungsi diplomasi untuk menunjukkan ke dunia luar tentang Indonesia dan selalu mendekatkan diri kepada Tuhan Yang Maha Esa. “Saya mengucapkan selamat berlayar, jaga keselamatan kapal materiil dan personel, serta perhitungkan keadaan cuaca setiap saat”, ujar Pangkoarmada II.

Adapun tujuan pelaksanaan KJK yang diikuti oleh para Taruna AAL adalah melaksanakan pelayaran Navigasi, lingkaran besar, Astro dan mempraktekkan semua pelajaran profesi dasar matra laut pada keadaan sebenarnya bagi para taruna, selain itu juga bertujuan membentuk mental kejuangan dan karakter prajurit matra laut, memberikan wawasan kepada taruna tentang tempat yang disinggahi serta pergaulan Internasional dan peran diplomasi TNI AL, promosikan budaya Indonesia, TNI AL dan AAL, menuju World Class Navy & World Class Naval Academy.

Pelayaran dengan menggunakan KRI Bima Suci ini merupakan muhibah pertama kalinya setelah KRI Bima Suci didatangkan dari Vigo Spanyol pada akhir 2017 lalu. Dan menurut rencana Kapal ini akan kembali tiba di tanah air pada 9 November 2018 mendatang.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kaskoarmada II Laksamana Pertama TNI ING Sudihartawan, S.Pi., M.M., Wagub AAL Brigjen TNI (Mar) Nurri Andrianis Djatmika, Komandan Lantamal V Surabaya Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H., serta pejabat terkait lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA