60 PASIS DIKREG SESKOAL ANGKATAN KE-57 LAKSANAKAN KKDN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT DI YOGYAKARTA

60 PASIS DIKREG SESKOAL ANGKATAN KE-57 LAKSANAKAN KKDN DAN PENGABDIAN MASYARAKAT DI YOGYAKARTA

Seskoal, 27 April 2019, -- Sebanyak 60 Perwira Mahasiswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Seskoal) Angkatan ke-57 TA. 2019 yang terbagi menjadi empat kelompok melaksanakan kegiatan Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) dan Pengabdian Masyarakat selama tiga hari, mulai tanggal 23 sampai dengan 25 April 2019 di Wilayah Yogyakarta.

Pada hari pertama, Kelompok A melaksanakan bhakti Sosial Pengecatan Pos Kamling di Desa Tirtohargo Kecamatan Kretek Bantul, Kadepstra Seskoal Kolonel Laut (P) Hariyo Poernomo, M.M selaku pimpinan rombongan diterima langsung oleh Kepala Desa Tirtohargo Supriyana, S.ST., acara dilanjutkan dengan penyerahan sertifikat, Paket Sembako. Kelompok B melaksanakan Penyuluhan Masyarakat Tentang Kesehatan Gigi dan Mulut di Balai Desa Dono Joyo Kretek Bantur, rombongan dengan Ketua Tim Mayor Marinir Nofry G.Kaloh diterima langsung oleh Kepala Desa Dono Joyo Jurehemi didampingi tim Lanal Yogtakarta dan masyarakat setempat. Kegiatan penyuluhan kesehatan gigi dan mulut diberikan oleh Lettu Laut (K/W) drg. Erlina Fauziyah dihadapan 30 orang masyarakat setempat yang dilanjutkan dengan tanya jawab, pemberian sembako dan sertifikat. Kelompok C melaksanakan Penyuluhan Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Penyuluhan Penyakit Menular (Leptospirosis) bertempat di Balai Desa Parang Tritis Kretek-Bantul Yogyakarta.Ketua Tim Mayor Laut (E) Wiranto, S.T beserta rombongan disambut langsung oleh Kepala Desa Parangtritis didampingi perangkat desa, tim Lanal Yogyakarta dan beberapa masyarakat. Penyuluhan Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Penyuluhan Penyakit Menular (Leptospirosis) oleh dr. Nurlatifah yang kesehariannya bertugas sebagai dokter puskesmas Kretek, diikuti sebanyak 30 masyarakat desa Parangtritis. Selanjutnya acara penyerahan cenderamata kepada Sekertaris Desa Parangtritis, pemberian sembako kepada masyarakat dan penyerahan sertifikat. Kelompok D melaksanakan Penyuluhan Masyarakat Bela Negara di Akademi Maritim Yogyakarta. Ketua Tim Penyuluh Letkol Laut (KH) Yudhi Febrano beserta rombongan diterima langsung oleh Direktur Akademi Maritim Yogyakarta Dr. Wegig Pratama. Selanjutnya penyampaian materi bela negara oleh tim penyuluh KKDN kepada 70 Taruna-Taruni Akademi Maritim Yogyakarta dilanjutkan dengan sesi tanya jawab.

Di hari kedua, rombongan Kelompok A melaksanakan Bakti Kesehatan di Kelurahan Srigading Kecamatan Sanden-Bantul Yogyakarta, yang diikuti 32 masyarakat setempat. Tim Bakti Kesehatan dengan Ketua Kelompok A Mayor Laut (KH/W) Astra K diterima langsung oleh Kepala Desa Srigading Wahyu Widodo, S.E. Pemaparan materi penyuluhan oleh dr. Tri Hastuti dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, pemberian souvenir dan sembako. Kelompok B memberikan Penyuluhan Masyarakat Bela Negara diikuti 30 peserta di Balai Desa Tirto Mulyo Kecamatan Kretek Bantul Yogyakarta.  Tim penyuluhan diterima oleh Kepala Desa Tirto Mulyo Drs. Sujadi, dilanjutkan paparan Bela Negara oleh Mayor Laut (P) Manahan Budiarto dilanjutkan sesi tanya jawab. Diakhiri dengan penyerahan cenderamata kepada Kepala Desa dan pemberian sembako kepada masyarakat setempat. Kelompok C melaksanakan Bakti Sosial di Kelurahan Tirtosari Kecamatan Kretek Kabupaten Bantul Yogyakarta. Tim Bakti Sosial diterima oleh Kepala Desa Tirtosari Longgar. Tim Bakti Sosial bersama 50 warga masyarakat sekitar melaksanakan pengecatan tembok 3 ruang kelas di TK PKK 14 Desa Tirtosari dan pembersihan rumput di area TK. Kegiatan diakhir dengan pemberian cinderamata kepada Kepala Desa Tirtosari dan pemberian sembako kepada warga desa Tirtosari. Kelompok D memberikan Penyuluhan Bela Negara di SMK Putra Samudra  Yogyakarta. Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D berserta tim penyuluh KKDN disambut langsung oleh Kepala Sekolah SMK Putra Samudra Margono. Penyuluhan diberikan oleh Perwira Mahasiwa Dikreg Seskoal Angkatan ke-57 dihadapan 40 Taruna-Taruni SMK Putra Samudra yang dilanjutkan sesi tanya jawab. Kegiatan dilanjutkan dengan pertukaran plakat/cinderamata, penyerahan Buku/ CD Bela Negara dan Peta Laut oleh Danseskoal kepada Kepala Sekolah.

Hari berikutnya, Kelompok A melaksanakan Penyuluhan Masyarakat mengenai Bahaya Narkoba di Kelurahan Gading Sari Kecamatan Sanden Kabupaten Bantul Yogyakarta. Ketua Kelompok A Mayor Laut (PM) James Risky N bersama tim diterima oleh Lurah Gading Sari Mashudi. Dilanjutkan dengan Penyuluhan Bahaya Narkoba oleh Kepala BNN Kabupaten Bantul Arfin Munajah, S.E., M.M yang diikuti 30 warga masyarakat dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, pemberian souvenir, cinderamata dan sembako. Kelompok C melaksanakan Penyuluhan Bela Negara di SMKN 1 Sanden Bantul Yogyakarta. Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.T., M.Sc., D.E.S.D., berserta tim penyuluh disambut oleh Kepala Sekolah  SMKN 1 Sanden Bantul Yogyakarta Slamet Rahardjo bersama para guru. Selanjutnya pemapar memberikan penyuluhan Bela Negara kepada 50 siswa SMKN 1 Sanden. Danseskoal melaksanakan peninjauan kegiatan penyuluhan dilanjutkan dengan sambutan Kepala Sekolah SMKN 1 Sanden dan Danseskoal memberikan pembekalan kepada para siswa SMKN 1 Sanden. Kegiatan diakhiri dengan penyerahan plakat, cinderamata dan perlengkapan olahraga Voli oleh Danseskoal kepada Kepala Sekolah SMKN 1 Sanden. Kelompok C melaksanakan Bakti Sosial di Desa Gading Harjo, Kecamatan Saden Kabupaten Bantul Yogyakarta. Tim Bakti Sosial diterima oleh Kepala Desa Gading Harjo Aan Indra Nur Santa SS. Kegiatan Bakti Sosial ini melibatkan 45 warga desa melaksanakan pengecatan pagar di TK PKK 105 Desa Gading Harjo. Diakhiri dengan pemberian souvenir dan sembako kepada warga desa. Kelompok D melaksanakan Donor Darah di Kelurahan Murti Gading Kecamatan Sanden Kabupaten Bantul Yogyakarta. Danseskoal bersama tim diterima langsung oleh Lurah Murti Gadingan Sutrisno. Selanjutnya sambutan dari Camat Saden Slamet Santoso dan sambutan dari Danseskoal. Donor Darah ini diikuti 30 warga desa. Kegiatan diakhiri dengan penyerahan plakat, pemberian cinderamata dan sembako.

Dengan pelaksanaan rangkaian KKDN dan Pengabdian Masyarakat ini, para Pasis dapat selalu dekat dengan masyarakat dan juga peduli terhadap lingkungan sekitar. Dimana melalui kegiatan ini pula, para Pasis nantinya bias menjadi calon pemimpin TNI/ TNI AL dimasa akan dating yang dekat dengan rakyat dan dicintai oleh rakyat.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA