Wisuda STP Trisakti, Cetak Tenaga Profesional Dibidang Pariwisata


Bertempat di Gedung Manggala Wanabhakti Jakarta, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti menggelar acara Wisuda tahun Akademik 2011/2012, dan Peserta Wisuda adalah mereka yang telah menyelesaikan Program Study Perhotelan dan Jasa Perjalanan Wisata, Jenjang Pendidikan Diploma IV, III dan Syploma I.

Beberapa Kesenian Tradisional seperti Tari-tarian serta Musik Kulintang yang dibawakan para mahasiswa STP Trisakti,  turut. Memeriahkan Prosesi Pelepasan Mahasiswa yang telah menyelesaikan Program akademik tersebut, wajah haru dan banggapun terpancar dari raut wisudawan maupun keluarganya.

Dalam jumpa PERS, Ketua STP Trisakti Djoko Soedibyo, SE,MM,Ph.D pada wartawan menjelaskan, bahwa Wisudawan kali ini diikuti oleh  495 mahasiswa, yang terdiri dari jurusan Perhotelan sebanyak 418 orang (188 pria dan 288 wanita) dengan lulusan cumlaude sebanyak 141 orang dengan IPK 3,99 sebanyak 2 orang, sementara dari jurusan Usaha Perjalanan Wisata sebanyak 77 orang (29 pria dan 48 wanita) dengan lulusan cumlaude sebanyak 26 orang dengan IPK 3,94 sebanyak 1 orang.

Lebihjauh dijelaskan, bahwa persaingan antar lulusan Perguruan Tinggi diera pasar bebas  saat ini, menjadi lebih ketat, oleh sebab itu perlu upaya bagi seluruh jajaran STP Trisakti dalam menyiapkan lulusan yang unggul dan mampu bersaing diera global ini.

Untuk mewujudkan hal tersebut, kini Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti telah menyusun Rencana Strategis (Renstra) sebagai penjabaran dan pengembangan jangka panjang STP Trisakti, dengan mengacu padeea kondisi STP Trisakti saat ini dan prediksi kondisi pendidikan dan industry Pariwisata sampai tahun 2020, yang dibagi dalam 3 tahap, yaitu pertama dimulai sampai tahun 2014, National Quality standard untuk menuju Regional Quality Standard, kedua dimulai tahun 2015 sampai tahun 2019 output yang harus dicapai adalah Regional Quality Standard untuk menuju Global Quality Standard dan tahap akhir pada 2020 pertujudan Pengelolaan Kampus Pariwisata dan Hospitaliti sebagai “Center of Excellence”, berkualitas Global.

Renstra tersebut disusun pada tahun 2008 lalu, dengan visi menjadi “Perguruan Tinggi Pariwisata Berkualitas Global dan Pusat Unggulan Pengembangan Ilmu Pariwisata dan Hospitaliti”. Langkah-langkah yang  telah diambil saat ini adalah terus berupaya mencetak lulusan yang mampu beradaptasi dan menyesaikan diri dengan persyaratan peluang yang ada, sehingga kemampuan untuk mengadopsi dan mengadaptasi sistem serta metode pendidikan berbasis teknologi informasi, serta meningkatkan kemampuan generik, serta sft skiil. SPT Trisakti juga terus menjalin kerjasama dengan industri pariwisata serta Perguruan Tinggi dalam negeri maupun luar negeri.

Sementara saat disinggung lulusan saat ini, Djoko Soedibyo mengaku cukup bangga dengan lulusan yang juga berprestasi menjuarai beberapa lomba tingkat Perguruan Tinggi, baik ditingkat nasional maupun internasional, serta mampu mengisi beberapa kegiatan ditingkat internasional, para lulusan juga telah mampu berkomunikasi aktif dengan bahasa Inggris (Wajib) dan bahasa asing lainnya (Jepang, Mandarin, Perancis dll) sebagai program pilihan, ungkapnya.


0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA