USAHID Gelar Seminar Nasional Ekowisata


Pariwisata sebagai salahsatu program study pokok di Universitas SAHID Jakarta, terus mendorong  USAHID untuk terus meningkatkan ilmu, wawasan dan pengetahuan tentang Kepariwisataan seluruh Mahasiswa, dan bertempat di Aula USAHID, digelar Seminar Nasional Ekowisata.

Disela acara tersebut, Rektor Usahid, Prof. Dr. Hj. Sutyastie Soemitro Remi, SE, MS didepan para wartawan mengaku bahwa pihaknya sengaja mengangkat permasalahan Ekowisata dari Sumbawa Barat, karena selama ini masalah Wisata di Indonesia Timur belum terangkat, oleh sebab itu USAHID Jakarta ingin memberikan kontribusi, melalui kajian akademik bagi pembangunan pariwisata di daerah-daerah.


Seluruh Mahasiswa juga turutserta dalam Seminar Pengembangan Ekonomi Lokal Berbasis Ekowisata ini, narasumber sengaja kita datangkan dari Pemberintah Daerah Kabupaten Sumbawa Barat serta dari Kementiran Pariwisata dan Industri Kreatif, juga para Pakar dibidang Kepariwisataan, sehingga Mahasiswa akan memperoleh Bekal wawasan dan inspirasi akan Ekowisata, sehingga kedepan apabila terjun mengabdikan diri ketengah masyarakat, memiliki ide-ide dan gagasan kreatif bagi pengembagan dan pembangunan Kepariwisataan Indonesia, pintanya.


Dr. Ir. Kholil M.Kom Pembicara Seminar yang juga Kepala Lembaga Penelitian, Pengabdian Masyarakat dan Kerjasama LP2MK Usahid Jakarta mengungkapkan, bahwa Potensi Wisata di Sumbawa Barat cukup besar, karena alamnya memiliki keanekaragaman Flora, Fauna dan biota laut. Kondisi alam laut, pegunungan dan hutan lindung juga dapat menjadi daya tarik wisatawan domestik maupun mancanegara.

Darisegi masyarakatnya juga memiliki budaya dan kesenian yang unik, belum lagi makanan khas daerah Sumbawa juga dapat mendukung pembangunan kepariwisataan daerah, sehingga kedepan multipier Effect juga akan membawa dampak positif bagi peningkatan ekonomi masyarakat lokal, paparnya.

Kepala Bapeka Kabupaten Sumbawa Barat yang juga Pembicara seminar, Dr. Ir Amry Rahman juga menegaskan, bahwa Pemerintah Kabupaten Sumbawa Barat kini terus berupaya meningkatkan sarana dan prasarana Kepariwisataan, dalam meningkatkan kunjungan wisata, kalau tahun 2011 lalu, kunjungan wisatawan domestik mencapai 7.798 orang, dan Wisatawan Asing mencapai 1.712 orang, maka diharapkan dengan peningkatan sarana, akan mampu meningkatkan jumlah wisatawan ke Sumbawa Barat, paparnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA