Nangkadak Super O Varietas Unggul Buah Mekarsari

Taman Buah Mekarsari (TBM) yang dikenal sebagai taman buah-buahan terbesar di Indonesia meluncurkan buah hasil perkawinan silang antara nangka mini (Artocarpus heterophyllus) dengan cempedak (Artocarpus integer Merr) sebagai hasil seleksi dari bibit yang ditanam pada 2002 dan dinamai Nangkadak Super O.

Buah yang manis berwarna Orange dan tidak bergetah ini, adalah Varietas baru di Taman Buah Mekarsari yang sudah bisa dinikmati pengunjung TBM, bahkan bibitnya bisa dibeli dengan harga terjangkau antara 250 – 500 ribu/pohon tergantung tinggi pohon tersebut.

Ketua Tim Riset Taman Buah Mekarsari, Mardiana Sari (Riris) dalam acara jumpa PERS, kepada wartawan menjelaskan, bahwa Nangkadak Super O (orange) adalah hasil seleksi bibit nangkadak yang dilakukan Mekarsari, merupakan temuan persilangan Mekarsari.


"Kelebihan Nangkadak Super O selain warna dagingnya yang lebih menarik (oranye), yakni rasanya yang sangat manis 34-40 Brix, cepat berbuah karena hanya butuh 2 tahun sejak ditanam, buah tebal, tidak terlalu bergetah, mudah dikupas, jumlah pongge buahnya banyak, serta keberhasilan terbentuknya pongge atau daging buah tanpa perlu dibantu penyerbukan buatan.

Keunggulan-keunggulan tersebut telah menjawab beberapa kelemahan yang selama ini dimiliki oleh nangkadak lainnya. "Karena itu ini sangat potensial untuk dikembangkan secara luas oleh masyarakat. Prospeknya sangat besar untuk mengisi kekurangan kebutuhan konsumen terhadap buah nangka dan cempedak, dan TBM siap mensuplai bibit hingga 800 pohon, ujarnya.

Dengan kehadiran Nangkadak Super O diharapkan petani buah lokal akan kembali bergairah untuk menanam buah nangka. Pasalnya, nangka selama ini kalah populer dari buah-buah lainnya, sehingga populasi pohon nangka juga terus berkurang.

"Dengan hadirnya Nangkadak Super O diharap akan mengangkat kembali buah lokal menjadi raja di negeri sendiri. Sebab selain keunggulan rasanya yang sangat manis, Nangkadak Super O sekali berbuah juga dapat menghasilkan 70-100 buah, sehingga bisa diharapkan dari segi ekonominya. Kita harap kedepan Nagkadak Super O ini akan dikenal sebagai buah favorit masyarakat, Nangkadak Super Oranye memiliki prospek besar untuk dapat mengisi kekurangan akan kebutuhan konsumen terhadap buah  nangka dan cempedak di pasar lokal Indonesia ", ungkapnya.



Desember Panen Raya

Liburan akhir tahun dibulan Desember, di Taman Buah Mekarsari adalah bulan panen raya buah-buahan, dimana pengunjung TBM dapat menikmati aneka buah yang dikembangkan baik dari buah asli Indonesia maupun buah langka dari negara lain, seperti Duren berbagai jenis, Mangga, Nangka, Manggis, Jambu, Sirsak, Salak, Melon serta buah-buahan lalinnya.

Disamping itu Taman Buah Mekarsari juga menawarkan paket-paket bagi keluarga maupun sekolah, dimana anak-anak dapat bercocok tanam, melakukan aktifitas berkebun, menangkap Ikan, menanam padi serta kegiatan perkebunan lainya, bahkan di bulan Desember nanti akan digelar berbagai kegiatan yang menarik, ungkap , Marketing Communication TBM, Erick Lu


0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA