Kwarda Jateng Adakan Pelatihan Jurnalistik

Kwarda Jateng Adakan Pelatihan Jurnalistik


SEMARANG, Atmosfer bahwa, Setiap Pramuka adalah Kantor Berita, sudah semakin dirasakan di berbagai daerah. Anggota Pramuka mulai aktif untuk belajar membuat konten-konten positif, baik berupa foto, video, artikel maupun berita untuk disebarkan ke media sosial masing-masing, atau melalui website resmi milik Kwartir Daerah (Kwarda).

Bahkan, sebagian dari mereka sudah mulai mengadakan kegiatan pelatihan jurnalistik. Seperti yang dilakukan oleh Kwarda Gerakan Pramuka Jawa Tengah. ‎Sebanyak 30 orang Andalan Cabang Bidang Humas Abdimas, DKC dan DKD utusan dari Kwartir Cabang yang ada di Kwarda Jateng ikut dalam kegiatan ini, 17-18 Maret 2017. ‎

Wakil Ketua Bidang Humas dan Abdimas Kwarda Jawa Tengah, Joko Sutrisno mengatakan, dalam dunia digital ini, Pramuka dituntut untuk bisa menyesuaikan zaman, mengunakan digital sebagai alat untuk mengembangkan Gerakan Pramuka, caranya dengan pembuatan konten yang positif.

Mereka harus bisa menjadi leading dan dapat menyebarkan informasi yang baik di bidang kepramukaan sehingga bisa menuntun dan menggerakan orang lain mengikuti apa yang ada di informasi tersebut, ujar Joko di Puskepram, Pusdiklatda, Candrabirawa Gunung Pati, Semarang, Sabtu (18/3/2017).

Menurutnya, bidang humas‎ dalam setiap organisasi itu penting. Sebab, bidang ini menjadi corong informasi dari semua kegiatan organisasi. Karena itu, dengan pelatihan jurnalistik ini diharapkan bidang humas di setiap Kwarcab bisa lebih aktif, tidak hanya sekedar mendokumentasikan kegiatan, tapi bisa mengemas dan mengolahnya agar menjadi menarik.

Harapan kami, peserta pelatihan Jurnalistik ini bisa menjadi humas Pramuka yang handal. Karena mereka merangkap sebagai kantor berita, maka mereka harus bisa menyebarkan informasi yang baik dan benar, papar Ketua Panitia Bagasto.‎

Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault mengapresiasi Gerakan Pramuka di daerah yang saat ini giat mengadakan Pelatihan Jurnalistik. Motto, Setiap Pramuka adalah Kantor Berita di kepengurusan Kwarnas Gerakan Pramuka periode ini mulai membumi hingga di seluruh daerah.

Saya lihat, sekarang banyak Kwarda sudah punya website, dan setiap Pramuka juga punya media sosial. Motto Setiap Pramuka adalah Kantor Berita mulai banyak diterapkan oleh adik-adik di daerah. Semangat ini harus tetap ada, dan jangan pernah berhenti belajar, ujarnya, di Jakarta Selatan, Sabtu (18/3/2017).

Diketahui, pelatihan jurnalistik ini diisi dengan beberapa materi, seperti teknik fotografi, tata-cara penulisan artikel dan reportase. Narasumber pelatihan jurnalistik ini dari Andalan Daerah Bidang Humas dan Abdimas, Kwarda Jawa Tengah dan profesional.

Di tempat yang berbeda, Kwarda Lampung juga mengadakan Workshop Jurnalistik dan Media Sosial dengan tema, Pemanfaatan Teknologi Komunikasi dan Informasi untuk Publikasi Gerakan Pramuka, ‎pada tanggal 18 Maret 2017. Bahkan, di tempat-tempat lain sudah banyak yang mengadakan pelatihan dengan konsep Kemah Jurnalistik.(Nk)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA