TNI Bersama DKPP Tebar Benih Ikan Untuk Rakyat di Lokasi TMMD 101 Nganjuk

TNI Bersama DKPP Tebar Benih Ikan Untuk Rakyat di Lokasi TMMD 101 Nganjuk

Nganjuk - Salah satu kegiatan yang diharapkan mampu mendukung pereekonomian warga yang dilakukan Satgas TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101, Kodim 0810 Nganjuk, adalah menebar benih ikan nila. TNI bersama Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Pemerintah Kabupaten Nganjuk menebar 15 ribu benih ikan nila dan tombro di embung Desa Tempuran Kecamatan Ngluyu. Senin (30/04/2018)

Kegiatan menebar benih ikan selain melestarikan keanekaragaman sumber daya ikan sekaligus meningkatkan produksi ikan air tawar, untuk masyarakat lereng Pegunungan Kendeng.

“Selain untuk melestarikan keanekaragaman ikan air tawar, penebaran benih ikan tombro dan nila di embung ini juga bertujuan untuk memberikan penghasilan tambahan warga di beberapa desa yang ada disekitar embung, maksudnya begini kalau ikannya sudah besar dan berkembang biak warga bisa mengambil dengan cara memancingnya,” ujar Komandan Koramil 0810/20 Ngluyu Kapten Inf. Suwanto yang memimpin jalannya penyebaran benih ikan.

Kapten Inf Suwanto berharap, masyarakat turut menjaga embung tersebut agar kelestarian biota air tawar tetap terjaga. “ Mancing boleh, tapi kalau ikannya sudah besar dan jangan menangkap atau mencari ikan dengan cara menggunakan obat, ikannya tidak akan berkembang kalau menggunakan obat,” paparnya.

Dipilihnya, ikan Nila dan Tombro, karena jenis ikan air tawar ini mudah berkembang biak, jadi dengan ditebarnya dua jenis ikan ini diharapkan semakin berkembang biak dan warga sekitar menikmati hasilnya, “Untuk pemenuhan gizi keluarga, tapi tidak usah beli, cukup dengan memancing ikan,” pungkas Kapten Inf Suwanto. (Pendim_0810)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA