Forum API Anugerahi Kapolri Mawar Merah Putih

Forum API Anugerahi Kapolri Mawar Merah Putih

Puluhan alumni perguruan tinggi yang tergabung dalam Forum Alumni Perguruan Tinggi Indonesia (Forum API) menganugerahi Kapolri Jenderal Tito Karnavian dengan Mawar Merah Putih,  karena dinilai telah berjasa menempatkan netralitas polri dalam Pilpres 2019.

Ketua Presidium API, Akhmad Syarbini pada wartawan menegaskan, bahwa Forum API sangat mengapresiasi sikap Kapolri yang  telah menginstruksikan seluruh jajaran Polri untuk menjaga netralitas Polri dalam Pilpres 2019, Karena itu pada kesempatan ini secara simbolik kami menganugerahi Jenderal Tito dengan rangkaian bunga mawar merah putih, ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan Koordinator Aksi Forum API,  Asrianty Putwantini di Mabes Polri, Jakarta, Jumat, 5 April 2019, pemberian bunga Merah Putih ini, karena sebelumnya Kapolri telah menerbitkan Surat Telegram (TR) Kapolri No.STR/126/III/OPS.1.1.1/2019 tanggal 18 Maret 2019. Dalam 14 poin yang disebutkan dalam TR, antara lain disebutkan anggota polri dilarang memberikan dukungan politik dan keberpihakan dalam bentuk apapun, kepada Capres dan Cawapres, Caleg maupun Parpol.

Untuk itu Presidium Forum API berharap instruksi Kapolritersebut dipatuhi dan ditindaklanjuti oleh seluruh jajaran kepolisian, baik di Polda, Polres dan Polsek.

Jangan sampai instruksi Kapolri tidak berjalan di lapangan. Karena itu Forum API akan ikut terus memantaunya. Bila terjadi pelanggaran maka kami akan laporkan langsung ke Kapolri, katanya.

Presidium Forum API yang antara lain dari alumni ; ITB, UI, UGM, UB, UNPAD, UNS, ITS, UKI, IPB, USU, UNJ, UNILA, UNAND, Moestopo, UPI, UHO, UNKRIS, Pancasila, Jayabaya, UPN Veteran, HKBP Nommensen, UBK, BINUS, dan PERBANAS selanjutnya akan melakukan sosialisasi lebih lanjut perihal Surat Telegram (TR) Kapolri tersebut.

Untuk itu kami Forum API memberikan pernyataan sikap sebagai berikut :


PERNYATAAN SIKAP FORUM API
MENANGGAPI TERBITNYA SURAT TELEGRAM (TR) KAPOLRI
 NO. STR/126/III/OPS.1.1.1/2019

1.    Forum API mengapresiasi terbitnya Surat Telegram (TR) Kapolri No.STR/126/III/OPS.1.1.1/2019 tanggal 18 Maret 2019  untuk menempatkan netralitas Polri dalam Pilpres 2019 dan menganugrahi Kapolri secara simbolik dengan rangkaian mawar merah putih;

2.    Forum API mengharapkan seluruh jajaran Kepolisian RI mentaati dan menjalankan Instruksi Kapolri seperti dimaksud dalam TR Kapolri No.STR/126/III/OPS.1.1.1/2019;

3.    Forum API  mengawasi jalannya pelaksanaan TR Kapolri No.STR/126/III/OPS.1.1.1/2019;

4.    Forum API mengintruksikan alumni perguruan tinggi Indonesia agar mensosialisasikan lebih lanjut TR Kapolri No.STR/126/III/OPS.1.1.1/2019 dengan melakukan tatap muka dengan pimpinan Polri di daerah masing-masing;

5.    Forum API segera melaporkan kepada Kapolri semua penyimpangan dan pelanggaran terhadap TR Kapolri No.STR/126/III/OPS.1.1.1/2019.

Jakarta, 5 April 2019

Forum API

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA