PRODI STRATEGI OPERASI LAUT, PROGRAM MAGISTER TERAPAN POLITEKNIK ANGKATAN LAUT SESKOAL RAIH AKREDITASI A

P


RODI STRATEGI OPERASI LAUT, PROGRAM MAGISTER TERAPAN
POLITEKNIK ANGKATAN LAUT SESKOAL RAIH AKREDITASI A

Seskoal, 28 Desember 2020, -- Program Studi (Prodi) Strategi Operasi Laut, Program Magister Terapan Politeknik Angkatan Laut Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) meraih Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) baru-baru ini.

Akreditasi Program Studi adalah proses evaluasi dan penilaian secara komprehensif atas komitmen program studi terhadap mutu dan kapasitas penyelenggaraan program tridarma (pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat).

Akreditasi Program Studi juga merupakan suatu mandat dari negara yang dituangkan dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 60.

Sedangkan manfaat bagi Prodi Startegi Operasi Laut dhi Seskoal, sudah tentu Seskoal akan mendapatkan informasi untuk lebih meningkatkan kualitas dan perencanaan akademiknya. Seskoal juga akan lebih mudah menjaring kemitraan dengan institusi lain dari dalam maupun luar negeri. Untuk pemerintah akan bisa mendapatkan informasi mengenai Perguruan tinggi atau Prodi yang bisa dipilih mendapatkan prioritas dalam memberikan dan menentukan beasiswa atau hibah yang akan diberikan bagi institusi dan mahasiswanya

Sertifikat Akredirasi A yang telah diterima berdasarkan Keputusan BAN-PT Nomor 8579/SK/BAN-PT/Akred/M/XII/2020, yang dikeluarkan pada tanggal 22 Desember 2020 dan ditandatangani oleh Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT Profesor T.Basaruddin. Masa berlaku Akreditasi A tersebut sampai dengan tanggal 1 Desember 2025.

Pengumuman BAN-PT diterima Seskoal sekitar tiga minggu setelah visitasi secara daring melalui aplikasi zoom meeting yang berlangsung pada tanggal 30 November sampai dengan 01 Desember 2020 lalu. Adapun dua assessor yang melakukan visitasi adalah Prof Ir.Johannes Hutabarat, M.Sc., Ph.D., dari Universitas Diponegoro (Undip) dan Prof.Dr.Tati Nurhayati, S.Psi., M.Si dari Institut Pertanian Bogor.

Pada saat visitasi secara daring, kedua assessor tersebut menanyakan berbagai hal yang sudah dilaksanakan Prodi Strategi Operasi Laut Program Magister Terapan Politeknik Angkatan Laut Seskoal. Para assessor juga melakukan wawancara terhadap stakeholder Eksternal terkait mutu output/lulusan dari Program Studi Strategi Operasi Laut yaitu dosen, tenaga kependidikan, alumni, dan mahasiswa.

Dengan hasil yang telah dicapai Seskoal mendapatkan penilaian Akreditasi A sudah tentu menjadi kepuasan dan kebahagiaan tersendiri bagi civitas akademika Program Studi Strategi Operasi Laut Program Magister Terapan Politeknik Angkatan Laut. Diharapkan dengan capaian ini menjadi sumber motivasi dan pemacu semangat dalam menjalankan proses pendidikan tinggi di Program Magister Terapan Strategi Operasi Laut menuju Program Studi yang unggul baik ditingkat Nasional maupun Internasional.

Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr.Iwan Isnurwanto, S.H., M.A.P., M.Tr (Han)., menyampaikan dengan capaian Akreditasi A Program Studi Strategi Operasi Program Magister Terapan Politeknik Angkatan Laut tersebut dapat diartikan bahwa Prodi Strategi Operasi Laut termasuk dalam Program Studi terakreditasi “Unggul” yang merupakan capaian tertinggi Nilai Akreditasi sesuai Permendikti No. 32 Tahun 2016, ini sejalan dengan salah satu program Prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) TNI AL yang unggul.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA