Libur Akhir Pekan, Sentul City Gelar Indonesia International Hot Air Balloon 2012

Setelah sukses menggelar iven Indonesia International Hot Air Ballon ditahun 2011 lalu, kini Sentul City kembali menggelar iven serupa pada 22 hingga 24 Maret 2012, acara yang digelar bersama FASI tersebut akan digelar diarea parkir Centul International Convention Centre (CICC).

50 Pilot dari 10 negara akan menerbangkan berbagai jenis balon udara berbagai bentuk yang berasal dari Indonesia, Amerika, Jerman, Belanda, Inggris, Belgia, Malaysia, India, Thailand serta beberapa nrgara lain, beraneka macam balon terfsebut akan menghiasi Centul City, dan 15 ribu orang diharapkan akan datang setiap harinya, papar Ketua Penyelenggara, Ricky Arbali saat jumpa PERS di Areal Centul Dity.
Menurut Ricky, balon-balon udara tersebut akan dikendalikan oleh 50 pilot yang sudah terlatih. Mereka akan mengendalikan sekitar 21 balon udara. "Para pilot sudah berpengalaman, sebelumnya sudah ada briefing dengan TNI AU, tenaga ahli dan pihak yang bertanggung jawab akan keselamatan dan perlengkapan," kata Ricky.

"Festival balon udara jarang terjadi di Indonesia. Ini bentuk tanda persahabatan dari beberapa negara yang ikut serta sebagai tim balon udara, karena Indonesia menjadi negara keempat yang mengikuti sirkuit festival balon udara," ujar Cepi Nasution, perwakilan FASI (Federasi Aeromodelling Seluruh Indonesia) di Pancoran, Jakarta, baru-baru ini.

Tak hanya menonton dan melihat berbagai macam dan bentuk balon udara warna-warni dalam 2 sesi setiap hari, sesi pagi pukul 06.00-08.00 WIB dan sesi sore pukul 16.00-19.00 WIB, dengan biaya tiket masuk Rp25.000 per orang, festival kali ini juga membuka kesempatan bagi pengunjung untuk bisa merasakan terbang thetered (naik turun selama 10 menit di udara) dengan membayar Rp300.000 setiap satu orang.

Untuk menikmati balon udara ini, masyarakat dikenakan biaya sebesar US$200.  Menurut Ricky harga tersebut sudah sesuai standar internasional. "Kalau murah nanti dicap negatif oleh negara penyelenggara lain. Pengunjung di atas lamanya 45 menit dan penumpang 1-3 orang termasuk pilot," ujar Ricky.


Penyelenggaraan event ini sepenuhnya akan sangat bergantung pada kondisi cuaca, sehingga bilamana terjadi hujan, badai, angin kencang, demi pertimbangan teknis dan keamanan maka pelepasan balon ke udara akan ditunda sampai situasi benar-benar memungkinkan. Di samping itu pihak Sentul City juga menjamin keamanan di lokasi penyelenggaraan acara.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA