LVRI DKI, FKUB dan Pemkot Jaktim Dukung Program Penghijauan


Bertempat di Bantaran Sungai Banjir Kanal Timur (BKT), Seluruh Jajaran Legium Veteran Republik Indonesia (LVRI) Provinsi DKI Jakarta, serta perwakilan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB), dari beberapa agama dan jajaran Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Timur menggelar acara Penanaman Pohon untuk penghijauan.

Disela acara tersebut Ketua DPD LVRI DKI Jakarta, HW Sriyono pada wartawan menjelaskan, bahwa kegaitan penghijauan ini merupakan upaya LVRI DKI dalam mendukung pemerintah, khususnya Pemda DKI dalam mensukseskan program penghijauan, dimana Presiden telah mencanangkan Gerakan Penanaman 1 Milyar Pohon, dan kali ini kita tanam 5.500 pohon di bantaran sepanjang BKT.

Dengan diikuti oleh para pemuda dan remaja serta tokoh – tokoh Lintas Agama, menunjukkan bahwa kita sangat peduli dengan persatuan dan kesatuan bangsa, dahulu kita berjuang tidak membedakan suku, ras maupun agama, oleh sebab itu kita harus mengisi kemerdekaan dengan pembangunan, yang juga tidakperlu mempermasalahkan suku, ras atau agama, mari kita isi pembangunan dengan rasa kebersamaan dan tetap menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan bangsa, pinta HW Sriyono.


Pada kesempatan yang sama, Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Jakarta Timur Andriyansyah juga menekankan,  kegiatan penanaman pohon ini mempunyai makna sangat penting dalam kehidupan beragama dan sosial di masyarakat yaitu menjalin rasa toleransi dan menjaga komunikasi yang baik antar umat beragama. “Kegiatan ini juga sebagai bentuk kepedulian bersama antara pemerintah, LVRI, pengurus masjid, pengurus gereja dan masyarakat terhadap penghijauan dan kebersihan lingkungan,” kata Andri.

Dirinya menambahkan, untuk mewujudkan kota Jakarta yang bersih dan sehat bukan semata-mata tugas pemerintah, tetapi juga merupakan tugas seluruh elemen masyarakat yang tinggal di kota Jakarta. Menurutnya, dengan menanam pohon akan menciptakan Jakarta yang bersih dan sehat, serta akan berdampak positif bagi generasi yang akan datang.

“Namun tentunya tidak cukup hanya menanam, karena kita harus memelihara dan merwata pohon-pohon yang ada agar kelestarian penghijauan dapat terlaksana dan dinikmati oleh masyarakat,” pesannya. Andri memaparkan, dalam rangka mensukeskan program 1 milyar pohon, Pemkot Jakarta Timur hingga saat ini telah menanam sebanyak 596.332 pohon. Penanaman diberbagai lokasi tersebut, dilakukan oleh pemerintah, masyarakat, pihak swasta dan organisasi kemasyarakatan.

Pemprov DKI Jakarta tambahnya, terus berupaya untuk menyediakan ruang terbuka hijau (RTH) agar target 30 persen keberadaan RTH dapat tercapai. “Kegiatan penanaman pohon seperti ini harus terus kita lanjutkan di lokasi-lokasi yang memang atau memungkinkan untuk dilakukan penanaman pohon, seperti di sepanjang bantaran Kanal Banjir Timur ini”.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA