Menag Lukman H Saifuddin Buka MTQ Internasional III

Setelah sukses menggelari MTQ Internasional ke 2, pada tahun 2015 ini Kementrian Agama RI melalui Dirjen Bimas Islam kembali menggelar MTQ Internasional, acara pembukaan MTQ Internasional  ke-3 pada 1- 5 September 2015. Yang dibuka secara resmi oleh Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin tersebut, juga dihadiri bebepa Duta Besar negara sahabat, seperti Duta Besar negara Maroko, Mesir, Brunei Darussalam, Bosnia dan Thailand.

Dalam sambutannya, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengaku menyambut baik terselenggaranya event MTQ Internasional ini. “Dalam momentum MTQ Internasional ini, saya mengimbau kepada para ulama dan pemimpin umat di tanah air serta para pengelola lembaga pendidikan Islam, mari bahu-membahu untuk meningkatkan pemahaman, penghayatan dan pengamalan Al Quran di tengah masyarakat,” ujarnya.

Dalam ajang MTQ ini, selain menjadi ajang perlombaan, juga diharapkan akan meningkatkan persahabatan dan kerjasama antar negara dan bangsa, sekaligus untuk merangsang, memotivasi berbagai lembaga pendidikan Al Quran kita, dan juga untuk mengasah kemampuan Qari dan Qariah (pembaca Al qur'an) kita di dunia internasional,tegas Lukman H Saifuddin.


Dirjen Bimas Islam, Machasin juga menambahkan, bahwa MTQ Internasional diselenggarakan sebagai bentuk partisipasi bangsa Indonesia dalam syiar agama untuk menjalin persahabatan antarbangsa dalam upaya memelihara perdamaian di tingkat regional dan internasional.

“Partisipasi dan prestasi Indonesia di sejumlah event MTQ Internasional secara tidak langsung mengangkat harkat martabat bangsa di mata dunia, khususnya dunia Islam. Prestasi tersebut perlu terus dipertahankan di masa-masa mendatang,” ujar Machasin.

MTQ Internasional 3 tahun 2015 kali ini,  diikuti 21 negara peserta, yaitu Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Thailand, Philippina, Timor Leste, Maroko, Iran, Belgia, Canada, Yordania, Saudi Arabia, Dubai, Uni Emirat Arab, Aljazair, Tunisia, Perancis, Inggris, Amerika Serikat, Norwegia, dan Mesir.

sementara cabang yang diperlombakan terdiri dari dua cabang, yaitu Tilawah Dewasa Putera (bacaan Al Quran sesuai tajwid), dan Cabang Tahfiz (menghafal) 30 Juz Al Quran Dewasa Putera.

Adapun dewan hakim MTQ Internasional 3 ini berasal dari beberapa negara, di antaranya Indonesia, Yordania, Kerajaan Saudi Arabia, Uni Emirat, Iran dan Perancis. Seluruh agenda kegiatan MTQ Internasional III Tahun 2015 terkonsentrasi di Masjid Istiqlal Jakarta.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA