Hadapi Lebaran 2016, Angkasa Pura I Perbaiki 10 Runway

Menyambut mudik lebaran 2016, sekaligus meningkatkan pelayanan dan kehandalan fasilitas sisi udara, PT Angkasa Pura I (AP I) melakukan perbaikan runway di 10 bandara. 

Ke 10 bandara tersebut yakni I Gusti Ngurah Rai Bali, Juanda Surabaya, Sultan Hasanuddin Makassar, Frans Kaisiepo Biak, Sam Ratulangi Manado, Syamsudin Noor Banjarmasin, Adisutjipto Yogyakarta, Ahmad Yani Semarang, Pattimura Ambon, dan El Tari Kupang.

"Banyak bandara kita yang sudah tua. Disamping itu, pertumbuhan trafik lalu lintas udara yang tinggi dan beban pesawat yang besar menyebankan runway menjadi fatigue atau cepat rusak", kata Corporate Secretary AP I, Farid Indra Nugraha saat Media Gathering di NAM Center, Jakarta, Senin (13/6).

Farid mencontohkan, pesawat-pesawat besar seperti Boeing 777-300, Boeing 747-300 memiliki beban yang tidak sesuai dengan desain peruntukan awal runway ketika dibangun. "Akibatnya struktur runway mengalami kerusakan dengan cepat", ujarnya.

Untuk itu, lanjut Farid, sejak tahun 2014, Angkasa Pura I telah melaksanakan program perbaikan dan peningkatan kehandalan fasilitas runway di 10 bandara. "Perbaikan ini dimaksudkan untuk meningkatkan kehandalan fasilitas pacu (runway) dan keselamatan penerbangan. Total anggaran untuk perbaikan ini mencapai Rp 1,16 triliun. Lama pengerjaannya bervariasi 3 hingga 38 bulan", paparnya. 

Diperkirakan, pergerakan penumpang pada masa mudik lebaran 2016 akan mencapai 3,7 juta penumpang atau naik 4,48% disbanding tahun 2015.

"Estimasi puncak kepadatan penumpang arus mudik angkutan lebaran diperkirakan pada H-5 hingga H-3, sementara arus balik diperkirakan pada H+3 hingga H+4", pungkas Farid.





Contact Center 172 Layanan Keluhan Pengguna Bandara AP I


Selain meningkatkan pelayanan, PT Angkasa Pura I juga merealisasikan contact center 172. Contact center 172 ini sudah beroperasi secara penuh sejak 20 Februari 2016.

Pengoperasian contact center 172 dapat diakses melalui telepon maupun telepon selular di nomor 172. Adapun akun media sosial seperti email: cc172@ap1.co.id, facebook: AngkasaPura 172, dan twitter: @angkasapura172.

"Angkasa Pura I mengelola 13 bandara komersial di wilayah tengah dan timur Indonesia dengan jumlah pengguna jasa yang besar. Kondisi seperti ini membutuhkan saluran komunikasi yang baik antara pengguna jasa bandara dengan Angkasa Pura I selaku operator bandara," kata Corporate Secretary Angkasa Pura I, Farid Indra Nugraha, di Jakarta Pusat, Senin 13 Juni 2016.

Adapun fungsi dari contact center 172 ini untuk menerima dan menindaklanjuti keluhan dari seluruh pengguna jasa bandara dan dapat memberikan informasi serta menerima saran dan masukan dari seluruh stakeholder bandara.

Menurut Farid, tidak hanya penumpang yang dapat menyampaikan keluhan kepada Bandara 172. Tetapi mitra usaha lainnya, seperti airlines, groundhandling, hingga tenant-tenant di area komersial bandara dapat menyampaikan keluhan dan saran melalui contact center 172.

Di samping itu, contact center 172 ini salah satu upaya Angkasa Pura I untuk meningkatkan Customer Satisfaction Index (CSI).


"Bercermin dari Hearthrow Airport di London, contact center bandara diakses oleh lebih dari 10 juta pengguna jasa dan sangat potensial sebagai prospek untuk diversifikasi usaha bandara. Karena hal itu lah kami juga menerapkan pada contact center 172," kata Farid.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA