Koarmabar Gelar Upacara Hari Dharma Samudera Tahun 2018

Koarmabar Gelar Upacara Hari Dharma Samudera Tahun 2018

Jakarta, 15 Januari 2018,-- Kasarmabar Laksamana Pertama TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M., memimpin upacara peringatan hari Dharma Samudera tahun 2018, di Lapangan Arafuru Markas Komando Koarmabar, Jakarta Pusat, Senin (15/1).

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., yang dibacakan Kasarmabar antara lain mengatakan, upacara yang diselenggarakan rutin setiap tahun ini, merupakan upacara memperingati peristiwa heroik yang terjadi di Laut Aru pada 56 tahun silam, dimana telah gugur para pahlawan kusuma bangsa dalam upaya mempertahankan wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Pada tanggal 15 Januari 1962, telah terjadi pertempuran di Laut Aru dimana Komodor Yos Sudarso sebagai Senior Officer Present Afload (SOPA) on board di  RI Matjan Tutul tertembak kapal perang Belanda dan tenggelam, gugur bersama awak RI Matjan Tutul.  Pengorbanan para pahlawan tersebut telah menorehkan tinta emas dalam sejarah nasional perjuangan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, untuk mengenang peristiwa heroik tersebut, pemimpin TNI Angkatan Laut menetapkan tanggal 15 Januari sebagai Hari Dharma Samudera.

Selanjutnya Kasal mengatakan, melalui upacara peringatan hari Dharma Samudera ini, diharapkan  penghormatan dan penghargaan atas jasa para pahlawan samudera tetal dapat terpelihara. Disamping itu, dapat dijadikan sebagai momentum untuk membangkitkan kembali tekad dan semangat agar tetap tegar serta pantang menyerah dalam mengahadapi berbagai tantangan.

Mengakhiri amanatnya, Kasal menekan untuk mengaktualisasikan nilai-nilai kejuangan, patriotisme dan kepahlawanan serta Trisila TNI Angkatan Laut yang telah diwariskan oleh para pendahulu, sebagai konstribusi positif dan karya nyata dari segenap prajurit matra laut dalam pengabdian kepada negara dan bangsa, serta demi terwujudnya TNI Angkatan Laut yang handal dan disegani serta berkelas dunia.

Upacara diikuti para Pejabat Utama Koarmabar, deputasi Perwira Menengah, Perwira Pertama, Bintara, Tamtama dan deputasi Aparatur Sipil Negeri Koarmabar.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA