Sigap, Lanal Babel Bantu SAR KM. Dewi Bulan 88 Di Selat Bangka

Sigap, Lanal Babel Bantu SAR KM. Dewi Bulan 88 Di Selat Bangka

Jakarta, 5 April 2018, Pangkalan Angkatan Laut (Lanal) Bangka Belitung (Babel) melaksanakan Search And Rescue (SAR) terhadap KM. Dewi Bulan 88 yang mengalami  kebocoran di perairan Selat Bangka Bagian Barat, Kamis (5/4). KM. Dewi Bulan 88 berangkat dari dermaga Pusri Palembang tujuan Pelabuhan Tanjung Buton Kep. Riau.

Menurut Komandan Lanal (Danlanal) Babel Kolonel Laut (P) Iwan Kuswanto bahwa KM. Dewi Bulan 88 saat melitas di perairan Selat Bangka bagian Barat mengalami kebocoran pada ruang mesin dengan tinggi air laut 1 meter,  kemudian kapten kapal minta bantuan melalui radio canel 16 dan di sambut oleh KM Cengkeh 8 yang kebetulan melintas, selanjutnya KM Cengkeh 8 memberikan bantuan dengan memompa air keluar dari ruangan mesin KM. Dewi Bulan 88.

Mendapatkan informasi tersebut, selanjutnya Lanal Babel mengirimkan Tim SAR dari Posal Muntok untuk melaksanakan bantuan SAR dengan bergabung Tim SAR lainnya dari Polair Polres Muntok, DirPolair  polda Babel, KPLP Muntok dan Basarnas Palembang Provinsi Sumsel. Setibanya di lokasi kejadian Tim SAR gabungan segera memberikan bantuan berupa pengamanan area dan berusaha mengapungkan kapal dengan melakukan penambalan menggunakan pasak kayu. Setelah berhasil di tangani, selanjutnya KM. Dewi Bulan 88 digandenng KN Kalian menuju Sungai Sembilang Palembang Provinsi Sumsel untuk ditangani lebih lanjut.

Kehadiran personel Posal Muntok yang bahu membahu bekerja sama dengan unsur-unsur SAR lainnya membuahkan hasil dalam memberikan asistensi bantuan pertolongan, sehingga KM. Dewi Bulan 88 beserta ABK-nya dapat diselamatkan tanpa adanya kerugian personel dan material.

Danlanal Babel menambahkan bahwa KM. Dewi Bulan 88 dengan GT/Groston 2162 berangkat dari dermaga Pusri Palembang tujuan dermaga Tanjung Buton Kep. Riau dengan membawa muatan berupa pupuk urea non subsidi 2000 ton. KM. Dewi Bulan 88 yang dinakhodai Abd. Khahar ini diawaki oleh 15 orang ABK. “KM. Dewi Bulan 88 beserta 15 ABK dapat diselamatkan, hal ini merupakan kerjasama yang baik antar Tim SAR Gabungan yang terdiri dari Lanal Babel dalam hal ini Posal Muntok beserta Polair Polres Muntok, DirPolair  polda Babel, KPLP Muntok dan Basarnas Palembang Provinsi Sumsel. Hal tersebut menunjukkan kesigapan para petugas di lapangan serta bantuan dari pengguna laut lainnya”, ujar Danlanal Babel Kolonel Laut (P) Iwan Kuswanto.

 


0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA