RANFIB MARINIR MASUK RAMPA KRI TELUK AMBOINA 503 AWALI LATIHAN EMBARKASI-DEBARKASI SATLINLAMIL JAKARTA

RANFIB MARINIR MASUK RAMPA KRI TELUK AMBOINA 503 AWALI LATIHAN EMBARKASI-DEBARKASI SATLINLAMIL JAKARTA

JAKARTA, 10 April 2019, Tank jenis BMP 3F bergerak memasuki pintu rampa (ramp door) KRI Teluk Amboina 503. Kendaraan amfibi tempur marinir tersebut melaksanakan proses embarkasi yaitu proses pemuatan material tempur dari daratan (pelabuhan) ke dalam kapal, baik LST (Landing Ship Tank) atau LPD (Landing Platform Dock). Itu merupakan bagian dari proses latihan embarkasi dan debarkasi yang digelar Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) Jakarta di Dermaga Beaching dan KRI, Mako Kolinlamil, Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (10/4).

Kegiatan latihan berlangsung selama satu bulan yang dimulai dari tanggal 2 hingga 12 April ini diikuti 200 Prajurit Satlinlamil Jakarta. Materi yang diberikan kepada peserta meliputi prosedur dalam pelaksanaan embarkasi dan debarkasi baik personil, material maupun logistik lainnya terkait dengan tugas pokok Kolinlamil sebagai pembina angkutan laut militer nasional.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Heru Kusmanto, S.E., M.M. menginstruksikan Komandan Satlinlamil Jakarta untuk melaksanakan latihan embarkasi dan debarkasi sebagai bagian dari Operasi Pendaratan Administrasi (Opsratmin) untuk mendukung Latihan gabungan TNI AL Armada Jaya XXXVII tahun 2019.

Latihan bertujuan melatih prajurit Satlinlamil Jakarta dalam memantapkan dan meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan kegiatan Embarkasi dan Debarkasi sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan.

"Materi latihan meliputi Prosedur Embarkasi debarkasi, perhitungan muat kapal, latihan naik turun jaring/operasi pindah dan proses pengambilan keputusan militer dalam rangka mendukung OMP maupun OMSP," jelas Pasops Satlinlamil Jakarta Letkol Laut (P) Wendy Nizwar Rizaldy, S.Sos.

Selain itu dengan latihan ini dapat diperolehnya data-data dan temuan yang up to date perihal embarkasi dan debarkasi untuk dijadikan bahan pembuatan dan penyempurnaan aturan dalam pelaksanaan embarkasi dan debarkasi.

Komandan Satlinlamil Jakarta Kolonel Laut (P) Hery Winarno menambahkan, Satlinlamil Jakarta adalah salah satu unsur Komando Pelaksana angkutan laut militer ataupun angkutan laut nasional dari Komando Lintas Laut Militer. Kolinlamil sebagai Kotama pembinaan operasional mengkoordinasikan dan menyusun rencana serta program angkutan laut untuk seluruh jajaran TNI dan Polri. Sebagai Kotama pengemban tugas operasional, saat ini Kolinlamil mengoperasikan beberapa KRI dari berbagai jenis, antara lain Angkut Tank (AT), Bantu Umum (BU), Bantu Angkut Personel (BAP), dan jenis Landing Platform Dock (LPD). (Dispen Kolinlamil).

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA