Depati Group Qurban Sapi di Masjid Taqwa, Desa Aur Gading Bengkulu Utara

Depati Group Qurban Sapi di Masjid Taqwa, Desa Aur Gading Bengkulu Utara

Penyembelihan hewan kurban, menjadi bagian yang tak terlepaskan dari perayaan Hari Raya Idul Adha 1441 H. Kurban menjadi salah satu yang dianjurkan bagi umat Islam yang mampu menunaikannya, dan seperti tahun sebelumnya, Depati Group juga melakukan penyembelihan hewan Qurban, yang dagingnya dibagikan ke masyarakat, khususnya kaum dhuafa.

Cupli Risman, Pimpinan Depati Group disela penyerahan hewan Qurban berupa Sapi menjelaskan, bahwa berkurban, merupakan bentuk tanda syukur atas nikmat Allah. Kurban adalah momentum untuk menumbuhkan jiwa kemanusiaan, kepedulian sesama dan sifat utama dengan berderma, apalagi dalam kondisi masih adanya pandemi Covid 19, yang berdampak menurunnya tingkat ekonomi masyarakat, maka bantuan daging kurban, seberapapun jumlahnya sangat berarti pada yang menerimanya.



Sebagaimana diungkapkan panitia Kurban Masjid Taqwa, Desa Aur Gading Bengkulu Utara, bahwa prosesi penyembelihan hewan Kurban, telah mengikuti protokol kesehatan penanggulangan Covid -19, demikian juga dalam penyelurannya akan di antarkan ke rumah warga yang berhak menerimanya, apalagi ditengah pandemi Covid -19 saat ini, banyak warga yang terdampak, sehingga dengan pembagian hewan kurban, akan mampu membantu kebutuhan daging pada keluarga penerima.

Saat ditanya tentang makna Idul Adha bagi Depati Group, Cupli Risman menegaskan, bahwa Kurban memiliki arti Iklas dalam kehidupan, dimana Tradisi kurban dalam hari raya Idul Adha memiliki dua dimensi. Pertama, makna qurban memiliki dimensi ibadah-spiritual dan kedua, makna qurban punya dimensi sosial.

Dimensi ibadah dalam tradisi qurban, sudah jelas menjadi bentuk ketaatan hamba kepada Tuhannya. Ketaatan itu harus dilandasi dengan rasa ikhlas sepenuhnya, sehingga kita menjadi dekat dengan Allah. Hal inilah yang dimaksud qurban dalam pengertian ibadah, yakni qarib, sementara dimensi sosial, yaitu dalam tradisi qurban sudah bisa dibaca dengan kasat mata, bahwa ibadah qurban memberikan kesejahteraan kepada lingkungan sosial berupa daging kurban yang notabene hanya bisa dijangkau kalangan warga mampu secara ekonomi.

Bantuan lain Depati Group adalah Qurban kambing di Mushola Depati Al Hafiz Depok, Quis Kopi Qurban di group wa Leadership, Qurban Kambing di Sekretariat Ika PB PMII. (Nurul).

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA