DUKUNG KETAHANAN PANGAN WILAYAH, LANAL SABANG PANEN PADI HIDROGANIK DAN IKAN AIR TAWAR

*DU

KUNG KETAHANAN PANGAN WILAYAH, LANAL SABANG PANEN PADI HIDROGANIK DAN IKAN AIR TAWAR


Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Sabang melaksanakan panen padi hidroganik dan ikan air tawar hasil program ketahanan pangan Prajurit Lanal Sabang di Dermaga TNI AL Lanal Sabang, Pulau Weh, Aceh. Senin (21/12)

Dalam sambutannya Danlanal Sabang, Kolonel Laut (P) Agus Darmawan, S.E., M.Tr.Hanla mengatakan, "Budidaya Padi hidroganik ini merupakan implementasi dari salah satu perintah harian Kepala Staf Angkatan Laut, Laksamana TNI Yudo Margono dalam perintah hariannya yakni menjaga Kepercayaan Negara dan Rakyat kepada TNI AL melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi Instistusi, Masyarakat, Bangsa dan Negara. Selain itu program ini penting dalam mendukung ketahanan pangan wilayah kota Sabang khususnya di masa pandemi seperti saat ini". kata Danlanal.

"Budidaya padi hidroganik yang memanfaatkan pipa paralon bekas dihubungkan dengan pompa akuarium kecil untuk mengalirkan air kolam ke pipa media tanam padi diatasnya. Bisa kita sakalian bersama, hal ini cukup berhasil mengingat dalam waktu tiga bulan sepuluh hari seluruh tanaman padi telah siap panen" lanjutnya

"Selain panen padi Lanal Sabang juga melaksanakan panen budidaya ikan mas dan ikan nila yang dibudidayakan secara bersamaan dengan padi hidroganik diatasnya", tutup Danlanal.

Pada kesempatan tersebut Danlanal Sabang mengapresiasi  atas ide serta upaya dan kerja keras dari prajurit Lanal Sabang Peltu Ttg Jufriansyah dan PNS Yanes Oscarinado yang telah membuat program ini dapat berhasil sesuai rencana.

Walikota Sabang yang hadir pada acara menyampaikan apresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Kepala Staf Angkatan Laut. Melalui kerja keras Lanal Sabang maka dapat terselenggara panen padi hidroganik. Hal ini merupakan salah satu bentuk terobosan dan inovasi yang positif bagi Kota Sabang mengingat Sabang berada di Pulau Weh dalam bidang pangan khususnya beras, masih bergantung pada daratan Aceh, mengingat Kota Sabang tidak memiliki lahan Sawah. "Harapan kami program ini dapat terus dilanjutkan dan dikembangkan dalam mendukung kemandirian pangan Kota Sabang" sambut Walikota Sabang.

Kegiatan panen raya dihadiri oleh Walikota Sabang Bapak Nazarudin, S.Kom beserta jajaran yakni Kadis Pertanian, Kadis Kelautan dan Kadis Pariwisata Kota Sabang. Selain itu acara ini juga dihadiri oleh segenap FKPD dan tokoh masyarakat Kota Sabang.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA