SATLINLAMIL 3 MAKASSAR RESMI BERDIRI

S


ATLINLAMIL 3 MAKASSAR RESMI BERDIRI
Jakarta, 2 Desember 2020 ------ Satya Wira Jala Dharma.  Satuan Lintas Laut Militer (Satlinlamil) 3 yang memperkuat lintas laut perairan wilayah timur, telah diresmikan Panglima Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil) Laksda TNI Irwan Achmadi, M.Tr (Han) mewakili Kepala Staf Angkatan Laut dalam upacara peresmian yang berlangsung di Dermaga Lantamal VI, Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (2/12).
Satlinlamil 3 Makassar merupakan realisasi dari rencana validasi organisasi TNI Angkatan Laut sesuai Perpres no. 66 tahun 2019 tentang susunan organisasi TNI dan Perkasal no.20 tahun 2020 yang mengatur pembentukan Satuan Lintas Laut Militer 3. Satuan Komando pelaksana pembinaan Kolinlamil ini merupakan yang ke-3 setelah sebelumnya yang telah ada lebih dulu, Satlinlamil 1 berkedudukan di Jakarta dan Satlinlamil 2 berkedudukan di Kota Surabaya, Jawa Timur. Dan dalam upacara tersebut, diperintahkan secara resmi Komandan Satlinlamil 3 Makassar Kolonel Laut (P) Yulis Andreas Lorentinus, M.Tr (Hanla), M.M. yang juga menandatangani Pakta integritas dan sumpah jabatan.
Panglima Kolinlamil Laksda TNI, Irwan Achmadi, mengatakan, Satlinlamil 3 Makassar merupakan satuan komando pelaksana pembinaan yang mempunyai tugas pokok untuk menyiapkan unsur-unsur KRI jajaran Satlinlamil Makassar, dalam rangka mendukung tugas-tugas Kolinlamil dalam mengemban fungsi strategis. Yaitu sebagai pembina tunggal sistem angkutan laut militer dan pembina potensi angkutan laut..
“Satlinlamil 3 Makassar memiliki tugas pokok menyiapkan unsur-unsur KRI dijajarannya dalam rangka mendukung tugas-tugas yang diemban Kolinlamil, khususnya wilayah timur Indonesia,” ujarnya usai upacara peresmian.
Lebih lanjut dijelaskannya Kota Makassar dipilih secara strategis sesuai dengan konsep operasi gabungan yang diperankan Kolinlamil, dengan menggelar 3 Satlinlamil yaitu Jakarta, Surabaya dan Makassar.
“Dipilih Kota Makassar untuk memudahkan dan mempercepat pergerakan satuan-satuan taktis TNI. Inilah wujud konsep pembangunan kekuatan Trimatra terpadu dalam bentuk sinergitas gelar kekuatan dan organisasi TNI” terangnya.
Dengan demikian kehadiran Satlinlamil 3 Makassar diharapkan mampu memberikan kontribusi positif dalam upaya pembinaan kemampuan sistem angkutan laut militer dan potensi angkutan laut nasional di wilayah timur Indonesia.
Ia juga menjelaskan, pembentukan Satlinlamil 3 Makassar merupakan kebutuhan organisasi untuk mendukung angkutan laut militer TNI dalam rangka pergeseran pasukan dan material logistik bagi TNI AD, dalam hal ini Kostrad Divisi 3 Makassar.
Pembentukan tersebut juga sesuai dengan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M. tentang pembangunan dan peningkatan sarana dan prasarana serta pembangunan sistem pembinaan kekuatan begitu juga kesiapan operasional alutsista TNI AL.
Turut hadir dalam upacara peresmian tersebut, Pangdam XIV Hasanudin, Kapolda Sulsel, Pangdiv 3 Kostrad, Kas Koops AU 2, Perwakilan Gubernur Sulsel, Walikota Makassar, Kajati Sulsel, Kepala Pengadilan Tinggi Sulsel, Ka Syahbandar utama Makassar dan GM Pelindo 4 Makassar. (Dispen Kolinlamil).

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA