Universitas Sahid Jakarta Peroleh Sertifikat ISO 9001:2008 dan IWA II:2007 dari Bureau Veritas Certification Perancis




 Menapaki usia ke 22 tahun, ada yang istimewa dalam perayaan Dies Natalis kali ini, yaitu Universitas Sahid Jakarta telah berhasil meraih prestasi dengan mendapatkan Sertifikat Standar Mutu Internasional yaitu ISO 9001:2008 dan IWA II:2007 untuk pelayanan pendidikan. ISO 9001 versi 2008 ini lebih mengedepankan pada pola proses bisnis yang terjadi dalam organisasi perusahaan sehingga hampir semua jenis usaha bisa mengimplementasi system management mutu ISO 9001 ini, termasuk bidang pendidikan. 

Sistem ISO 9001:2008 fokus pada efektifitas proses continual improvement, dimana dalam setiap proses senantiasa melakukan perencanaan yang matang, implementasi yang terukur dengan jelas, dilakukan evaluasi dan analisis data yang akurat serta tindakan perbaikan yang sesuai dan monitoring pelaksanaannya agar benar-benar bisa menuntaskan masalah yang terjadi di organisasi. IWA II:2007 sendiri adalah panduan penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 bagi institusi pendidikan.

 Proses untuk mendapatkan ISO 9001:2008 dan IWA II:2007, dilakukan Universitas Sahid melalui berbagai tahapan, mulai dari eksekutif meeting untuk merumuskan kebijakan dan sasaran mutu, membentuk tim penjaminan mutu, menentukan konsultan, mempersiapkan dokumen mutu akademik, pelatihan auditor internal, membentuk dan melantik auditor mutu internal, proses audit yang terbagi dalam 3 tahapan,yaitu audit internal – initial audit – main audit, proses perbaikan, dilanjutkan dengan pengumuman hasil audit dari Bureau Veritas Certification Perancis. 

Akhirnya pada Jumat 12 Maret 2010 bertempat di auditorium Universitas Sahid Jakarta diselenggarakan Penyerahan Sertifikat ISO 9001:2008 dan IWA II:2007 kepada Universitas Sahid Jakarta yang  diterima Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya –  Dr. Nugroho B. Sukamdani, MBA. BET dan Rektor Universitas Sahid Jakarta – Prof. Dr. Sutyastie Soemitro Remi, SE.MS dari Perwakilan Bureau Veritas Certification Perancis – Tjatur Heru.

 Pengakuan Standar Mutu Internasional yaitu ISO 9001:2008 dan IWA II:2007  ini diharapkan dapat menjadi tuntunan untuk memberikan pelayanan pendidikan yang prima bagi semua stakeholders terutama dosen dan mahasiswa sehingga dapat memacu perkembangan Universitas Sahid Jakarta menjadi Universitas yang unggul dan terdepan serta menjadi universitas pilihan masyarakat untuk belajar di perguruan tinggi

 Selain kegiatan di atas, pada kesempatan ini juga dilaksanakan peresmian fasilitas PHKI (Program Hibah Kompetisi Berbasis Institusi) 2009. Universitas Sahid berhasil mendapatkan pendanaan tahun 2009-2011 dari Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi DEPDIKNAS melalui kompetisi dengan nilai hibah + 5 milyar/tahun. Peresmian akan dilakukan Ketua Umum Yayasan Sahid Jaya –  Dr. Nugroho B. Sukamdani, MBA. BET dan Rektor Universitas Sahid Jakarta – Prof. Dr. Sutyastie Soemitro Remi, SE.MS. Laporan mengenai program PHKI disampaikan Wakil Rektor I sekaligus Direktur PHKI – Prof. Dr. Ir. Giyatmi Irianto, M.Si. Saat ini program hibah kompetisi yang digulirkan pemerintah sudah memasuki tahun kedua dan memberikan banyak manfaat bagi civitas akademika Universitas Sahid Jakarta.



0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA