9 Poin Kesepakatan Mediasi Makam Mbah Priok


Meski sempat tertunda sekitar lima jam, akhirnya proses mediasi penanganan makam Mbah Priok berjalan lancar. Mediasi berlangsung di Balaikota DKI, Kamis (15/4) dari pukul 14.30 hingga 17.30. Mediasi ini melahirkan sembilan  butir kesepakatan yang harus dilakukan oleh para pihak yang terkait dengan makam Mbah Priok. Diharapkan, tidak ada lagi konflik atau bentrok fisik paska dikeluarkannya sembilan kesepakatan itu.

Hadir dalam pertemuan tersebut Wakil Gubernur DKI Jakarta Prijanto, Dirut PT Pelindo II, RJ Lino, anggota DPD RI, AM Fatwa, dan Ketua MUI Ma`ruf Amin. Selain itu juga hadir para pengacara dari Ahli Waris serta tokoh agama seperti Habib Riziq dan sebagainya.

“Mediasi ini menghasilkan 9 kesepakatan bersama yang diharapkan bisa membawa berkah dan kedamaian bagi Jakarta,” kata Prijanto, Wakil Gubernur DKI Jakarta, saat menjadi mediator antara ahli waris dan PT Pelindo, di Balaikota DKI, Kamis (15/4).

Ke-9 kesepakatan itu adalah, makam Mbah Priok tidak akan dipindah. Kemudian pendopo majelis taklim dan gapura makam akan digeser posisinya agar tidak mengganggu aktivitas pelabuhan serta terminal yang berfungsi sesuai standar internasional. “Terkait posisi gapura dan pendopo majelis akan digeser ke sebelah mana, kita serahkan kepada ahli waris dan PT Pelindo serta para tokoh agama,” ujarnya.

Kesepakatan berikutnya adalah, sisa tanah yang tengah dalam sengketa akan terus dibicarakan oleh kedua belah pihak hingga ditemukan solusinya. Untuk peristiwa bentrokan massal antara Satpol PP dan warga akan diserahkan pada hukum yang berlaku. Kesepakatan berikutnya adalah perlunya mengajak serta tokoh mayarakat dan tokoh agama untuk penyelesaian masalah. Kemudian PT Pelindo menyetujui untuk membuat MoU (perjanjian) hasil pembicaraan lebih lanjut dengan ahli waris.

Berikutnya, secara administrasi PT Pelindo II akan berkomunikasi dengan pihak ahli waris melalui tembusan Komisi A DPRD DKI Jakarta. Kemudian, PT Pelindo dan Pemprov DKI akan memperhatikan orang-orang yang menjadi korban dalam bentrokan pada Rabu (14/4) kemarin. Yakni  biaya berobat di rumah sakit dan juga berobat jalan para korban bentrokan akan ditanggung oleh Pemprov DKI. Kesepakatan terakhir atau kesembilan adalah, pembicaraan antara ahli waris dan Pelindo akan dilangsungkan di Komnas HAM pada Jumat (16/5) besok.

Ahli waris Habib Hasan Muhammad Al Haddad alias Mbah Priok yakni Habib Alwi Al Haddad, mengaku puas dengan hasil pertemuan ini. Ia  berharap, pihak Pelindo tidak akan mengingkari sembilan kesepakatan yang telah dibacakan oleh Wagub Prijanto itu. Sebab selama ini, pihak ahli waris sudah merasa lelah dan tidak menginginkan lagi adanya pertikaian. “Secara keseluruhan saya puas dengan hasil pertemuan ini,” ucap Habib Alwi al Haddad.

Dirut PT Pelindo II, RJ Lino, menyetujui hasil pertemuan mediasi ini dan berjanji akan mematuhi seluruh kesepakatan. Salah satu kesepakatannya adalah untuk merenovasi dan memindahkan pendopo bersama-sama ahli waris. “Kita menyepakati hasil pertemuan, termasuk merenovasi pendopo dan juga akan dibuatkan Underground Tunnel serta tempat parkir di Jl Jampea. Kita juga akan membangun pagar di sekelilingnya agar tidak mengganggu kegiatan pelabuhan,” ucapnya.

Sementara Pemakaman Ahmad Tajudin anggota Satpol PP yang tewas dalam bentrokan dengan warga di Koja, Jakarta Utara, Rabu (14/4) kemarin diwarnai isak tangis dari sejumlah pelayat yang datang. Keluarga, kerabat, dan calon istri korban Aida Apriani tampak tak kuasa menitikan air mata saat jenazah almarhum mulai dimasukkan ke liang lahat di TPU Masjid Assurur, Kamis (15/4).
Dan sejumlah korban peristiwa bentrokan di kawasan kompleks makam Mbah Priok, Koja, Jakarta Utara masih menjalani perawatan di RSUD Koja, Jakarta Utara. Beberapa korban luka lainnya juga dilarikan ke Rumah Sakit Pelabuhan, yang jaraknya sekitar 2 kilo meter dari lokasi kejadian.





0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA