Pemprov DKI Dukung Pengembangan SMK


Pemprov DKI Jakarta,  akan terus mengembangkan dan meningkatkan kualitas SDM melalui pendidikan SMK (sekolah menengah kejuruan). Hal ini terkait dengan semakin terbukanya lapangan kerja, dimana dibutuhkan tenaga-tenaga muda yang terampil dan profesional di bidangnya. Sehingga diharapkan, para lulusan SMK ini dapat langsung bekerja.

“Terbukanya pasar kerja yang begitu luas, harus juga dibarengi dengan kemampuan yang terampil. Untuk mencapai hal itu, kami akan lebih mengedepankan pendidikan melalui SMK agar nantinya lulusan SMK lebih mudah mendapatkan pekerjaan sesuai dengan skill yang dimiliki,” ujar Fauzi Bowo, Gubernur DKI Jakarta saat menghadiri perayaan HUT ke 34 Yayasan Pondok Karya Pembangunan (PKP) DKI Jakarta di kawasan Kelapadua Wetan, Ciracas, Sabtu (17/4).

Gubernur  menyebutkan, dengan adanya program sertifikasi bagi lulusan SMK maka dapat dijadikan sebagai akses bantuan modal kerja. Sehingga bagi mereka yang telah memiliki sertifikat, bisa lebih mudah mendapatkan pekerjaan ketimbang orang-orang dari lulusan perguruan tinggi.

Selanjutnya ia menghimbau kepada seluruh Balai Latihan Kerja (BLK) dan perusahaan-perusahaan agar dapat bekerjasama dengan seluruh SMK yang ada di DKI Jakarta. Sebab lulusan SMK sekarang ini tidak kalah kualitasnya jika dibanding dengan lulusan dari perguruan tinggi.

Ini merupakan bukti nyata kepedulian Pemprov DKI Jakarta dalam upaya mewujudkan penghidupan yang layak dan bermutu dengan mengutamakan pendidikan. Terlebih lagi dengan menyisihkan sebesar 20 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) yang dikucurkan untuk urusan pendidikan.

“Sebesar 20 persen dari APBD disisihkan untuk segala urusan pendidikan di DKI Jakarta. Ini kami berikan agar para siswa lebih termotivasi dalam menuntut ilmu pendidikan. Sehingga ke depannya mereka menjadi lebih berkualitas dan bermutu,” harapnya.

Dalam kesempatan yang sama, Yayasan PKP DKI Jakarta juga menerima bantuan dari Bank DKI berupa 25 set meja dan kursi serta buku tabungan dari Bank DKI bagi siswa berprestasi. Selain itu juga diadakan beberapa lomba pidato dengan menggunakan bahasa Inggris, lomba keterampilan mengetik dan lomba desain grafis yang diikuti oleh para siswa sesuai tingkatannya.

Ketua Yayasan PKP DKI Jakarta, Tb Rais mengatakan bahwa yayasan yang dipimpinnya ini merupakan sarana pendidikan yang menyediakan jenjang pendidikan mulai dari TK hingga perguruan tinggi. Ke depan ia akan terus meningkatkan kualitas pendidikannya agar tampil profesional. Karena itu masih banyak yang harus dilakukan untuk mencapai harapan menjadi lembaga pendidikan prestisius bernuansa Islami di DKI Jakarta.

“Hal yang belum bisa dicapai tentunya akan menjadi agenda peningkatan dan pengembangan selanjutnya bagi kami. Karena itu kami fokuskan agar para siswa dapat memadukan pendidikan keilmuwan yang didapat dengan pendidikan agamanya dengan harapan bisa mencapai cita-cita yang diinginkan,” ujar Tb Rais yang juga mantan Wakil Gubernur  DKI Jakarta periode 1992-1997 silam.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA