BPBD DKI Siapkan SOP Tanggulangi Bencana


Bertempat di salahsatu hotel dibilangan Jakarta Pusat, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, mengundang seluruh Kepala SKPD dan Dinas yang terkait dalam penanggulangan bencana,untuk bersama-sama menyusun Standar Operasional Prosedur (SOP), baik Pra Bencana, Penanggulangan bencana maupun Pasca Bencana, hal tersebut diharapkan dapat memudahkan penanganan saat bencana terjadi.

Kepala Harian Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi DKI Jakarta, Arfan Akilie disela acara penyusunan SOP Bencana tersebut, pada wartawan mengaku akan memaksimalkan peran BPBD DKI dalam penanggulangan bencana, untuk pra bencana, pihaknya akan melakukan kerjasama dengan berbagai komponen warga Jakarta dalam menekan adanya bencana, seperti banjir dan kebakaran, bagaimana masyarakat akan lebih aktif dalam  pencegahan bencana, seperti instalasi listrik yang aman, maupun tidak membuang sampah sembarangan yang dapat mengakibatkan banjir.

Saat bencana terjadi juga diharapkan peran masyarakat untuk dapat meringankan beban mereka yang terkena musibah, SOP ini disusun untuk mengatur penangangan bencana, sehingga lebih efektif dan tepat sasaran, kegiatan ini juga sebagai upaya untuk menghimpun masukan dari berbagai instasi terkait, sehingga terbentuk standar penanggulangan banjir yang efektif dan efisien, tegas Arfan Akilie.


Selain menampung masukan dari berbagai instansi, pihaknya juga menampung usulan dari kalangan akademisi. bagaimana menyusun dari segi pengawasannya, itu harus dilakukan pada kondisi pra bencana. Fungsi BPBD melakukan koordinasi, dan ketika terjadi bencana BPBD menjadi komandonya, jelas Arfan.

Selain itu, BPBD juga terus berkoordinasi dengan instansi terkait seperti, Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Damkar dan PB) dan Satpol PP, serta unit lainnya agar kesiapan penanganan banjir menjadi maksimal. Sesuai intruksi Pak Gubernur, kesiapsiagaan harus sampai pada tingkat kelurahan, kalau menyangkut kesiapan penanggulangan bencana, Gubernur telah menegaskan bahwa kita telah siap 90%, tinggal 10% adalahpelaksanaan dilapangan, oleh sebab itu BPBD DKI akan bekerja maksimal sebagai koordinasi maupun komando dalam penanggulangan bencana, tegasnya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA