Hari Anak Jakarta, Upaya Pengembangan Minat Baca


Dilandasi adanya Keputusan Gubernur DKI nomor 399 tahun 2006 tentang Kegiatan Hari Anak Jakarta Membaca, serta adanya pencanangan Bulan Gemar Membaca dan Hari Kunjungan Perpustakaan yang dicanangkan Presiden RI, kini Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi DKI Jakarta terus berupaya meningkatkan minat baca warga Jakarta, khususnya palajar. Dan bertempat di Taman Proklamasi Menteng Jakarta Pusat, pada Rabu hingga Kamis 21 - 22 November 2012 menggelar kegiatan “Hari Anak Jakarta Membaca”.

Menurut Kepala Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Provinsi DKI Jakarta, Drs. H Maman Achdiyat, MM. bahwa kegiatan ini merupakan yang ke 6 kalinya digelar, dan sebagai kegaitan unggulan untuk menyerukan anak-anak untuk membaca serta dalam meningkatkan minat baca warga Jakarta, melalui serangkaian pameran dan hiburan diharapkan mampu mendorong peranserta aktif, sekolah, pelajar maupun masyarakat sendiri untuk berpartisipasi, sehingga dapat membangun komitmen mengentaskan kebodohan dan kemiskinan melalui sarana belajar membaca.

Menurut Maman Achdiyat, bahwa dengan membaca akan mampu meningkatkan sumber daya manusia untuk lebih maju dan trampil, dengan adanya kemajuan teknologi informasi seperti internet, diharapkan masyarakat akan mampu memanfaatkannya dengan baik, sebagai sumber pengetahuan dan sumber pembelajaran yang luas, sehingga masyarakat bukan menjadi obyek tetapi subyek dalam pembangunan bangsa, harapnya.

Deputi Gubernur  bidang Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, H Sukesti Martono juga mengaku mendukung program peningkatan minat baca melalui Hari Anak Jakarta Membaca ini, dan meminta agar peranserta tokoh masyarakat, tokoh agama, budayawan serta para pendidik dalam membangun minat baca lebih ditingkatkan.

Gerakan membaca harus terus digaungkan, karena dengan membaca akan dapat mencerdaskan dan memperluas keilmuan kita, bangsa ini bisa maju jika masyarakatnya gemar membaca, dan melalui membaca tidak boleh surut, mulai dari lahir sampai akhir hayat harus banyak membaca, oleh sebab itu gerakan membaca seperti ini harus didukung oleh semua unsur masyarakat, pinta Sukesti.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA