Tim WFQR Lantamal IV Tanjungpinang  Gagalkan Pencurian 20 Ton Kabel Bawah Laut Pulau Bintan

Tim WFQR Lantamal IV Tanjungpinang  Gagalkan Pencurian 20 Ton Kabel Bawah Laut Pulau Bintan


Tim WFQR Western Fleet Quick Response Satkamla Lantamal IV berhasil menggagalkan aksi pencurian kabel bawah laut didaerah Pulau Bintan setelah sekian lama diintai oleh Tim WFQR-IV.

Berbekal informasi yang didapat tim WFQR-4 bergerak menyusuri arah masuk alur sungai menggunakan Patkamla Rempang dan melaksanakan  penyekatan masuk Sungai Sei Telop Batu 23 (Belakang Gardu Induk PLTU).

Selanjutnya WFQR 4 menggunakan Searider dan Speed Pos Angkatan Laut Kijang saat didepan muara Sei Telop melaksanakan penyisiran alur sungai sejauh 1.5 Nautical Mile dari mulut alur dengan kedalaman 1 meter menuju pasang tertinggi dengan lebar sungai kurang lebih 5 meter.

Sedangkan tim WFQR yang lain bergerak terus mengintai ditengah pekatnya malam dan berhasil ditemukan barang bukti kabel laut yang sudah berupa besi dan tembaga yang sudah dikupas ditaksir kurang lebih 20 ton, ditempat tersebut juga ditemukan sebuah sepeda motor merk Supra dan 2 buah golok milik pelaku yang tertinggal.

Sampai saat ini tim WFQR Satkamla Lantamal IV masih melakukan pengejaran terhadap para pelaku yang melarikan diri masuk kedalam hutan bakau yang lebat., dengan berbekal beberapa barang bukti yang tertinggal tim WFQR telah mengantongi identitas para pelaku pencurian kabel bawa laut yang berada dipulau Bintan.

Menurut Danlantamal IV Laksma TNI S.Irawan aksi pencurian kabel bawa laut oleh sindikat ini sangat terorganisir dan melibatkan beberapa kelompok hal ini sangat merugikan Negara dan bahkan pelaku-pelaku ini bisak dikatakan penghambat pembangunan yang ada di Kepulauan Riau.

Danlantamal IV mengakui dari jumlah kurang lebih 20 ton kabel bawah laut ini yang berhasil disita memiliki nilai ekonomis yang tinggi karena mempunyai kandungan tembaga dan besi yang harganya cukup pantastis, kita juga akan bekerja sama dengan Kepolisian untuk mengungkap siapa penadah barang-barang ini.

“Kita jangan kalah dengan aksi-aksi pencurian kabel bawah laut yang ada dikepri ini kita harus perangi, percuma kita membangun kalau mental masyarakat kita masih seperti ini, namun Irawan mengingatkan pemerintah daerah juga harus berperan aktif membina masyarakat memberikan solusi lapangan kerja, sebab kalau kita analisa ini disebabkan faktor ekonomi dan cara mudah mendapatkan uang cepat”. Jelas Irawan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA