Bea Cukai Gandeng Bank Mandiri Permudah Pembayaran Kepabeanan dan Cukai

Bea Cukai Gandeng Bank Mandiri Permudah Pembayaran Kepabeanan dan Cukai


Mulai hari ini PT Bank Mandiri akan menempatkan sebanyak 49 Mini ATM untuk pembayaran Kepabeanan dan Cukai di Kantor-kantor Pelayanan Bea dan Cukai yang telah ditunjuk oleh Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Kementerian Keuangan.
Ini berdasarkan kesepakatan yang telah ditandatangani Direktur Jenderal Bea Cukai Kementerian Keuangan Heru Pambudi dan Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo.

Direktur Utama Bank Mandiri Kartika Wirjoatmodjo berharap penempatan Mini ATM tersebut bisa memberikan kemudahan bagi masyarakat, khususnya di daerah perbatasan dalam melakukan transaksi perbankan.

Layanan ini implementasi komitmen perseroan memudahkan masyarakat melakukan pembayaran cukai, pajak ekspor, impor, atau biaya lain terkait kepabeanan sehingga dapat menggenjot penerimaan negara, kata Wirjoatmodjo saat melakukan pendatangan kerja sama di Kantor Pusat Bea dan Cukai, Jakarta, Jumat (26/5).

Menurut Wirjoatmodjo nantinya Bank Mandiri akan menambahkan fitur pembayaran cukai pajak ekspor, impor, dan kepabeanan pada alat pembayaran non tunai Mandiri, seperti layanan Mandiri Mobile, Internet Mandiri, Mandiri ATM dan call center 14000.

Sementara itu, Direktur Jenderal Bea dan Cukai Heru Pambudi mengatakan dengan adanya kerja sama antara Bank Mandiri dengan Dirjen Bea dan Cukai, diharapkan bisa meningkatkan pelayanan pembayaran dan penyetoran penerimaan negara.

Jauhnya lokasi bank mengakibatkan pembayaran dan penyetoran penerimaan negara tidak real time. Selain itu, penerimaan negara ditampung di rekening bendahara apabila lokasi pembayaran jauh. Hal ini berpotensi mengakibatkan moral hazard jika pengelolaannya tidak sesuai undang-undang, ujarnya.

Pembayaran Cukai Online, Dengan adanya kerjasama ini, Heru menyebutkan akan meningkatkan kredibilitas dan kualitas laporan keuangan pemerintah pusat (LKPP) menjadi wajar tanpa pengecualian (WTP). Pasalnya penerima setoran negara akan langsung masuk ke kas negara.

Terutama kantor kita yang berada di remote area seperti Entikong, Nangka Badau, Skaw, Motaain, Motamasain, yang selama ini tidak ada bank akan sangat membantu. Ini juga akan sangat membantu layanan bea cukai terhadap penumpang yang masuk melalui bandara juga kapal curise, katanya.(Nk)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA