Peringatan Hari Lahir Pancasila Di Mabes TNI AL

Peringatan Hari Lahir Pancasila Di Mabes TNI AL


Jakarta, 1 Juni 2017
Peringatan Hari lahir Pancasila Tahun 2017 diperingati secara sederhana dalam bentuk upacara namun khidmat di Lapangan Apel Markas Besar Angkatan Laut (Mabesal), Cilangkap, Jakarta Timur. Pada upacara ini, bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) yakni Koordinator Staf Ahli  Kasal (Koorsahli Kasal) Mayjen TNI Mar Guntur Irianto Cipto Lelono, S.E., Kamis, (1/6).


Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Soekarno, Piagam Jakarta  tanggal 22 Juni 1945 dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945.


Dalam upacara peringatan hari lahirnya Pancasila kali ini dihadiri seluruh prajurit TNI AL yang berdinas di Mabesal. Dalam sambutan Presiden RI Ir. Joko Widodo yang dibacakan oleh Koorsahli Kasal mengatakan kita perlu belajar dari pengalaman buruk negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara. Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika kita bisa terhindar dari masalah tersebut, “Dengan Pancasila Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai, adil dan makmur di tengah kemajemukan, ujarnya.


Upacara tersebut, diikuti sekitar 500 personel TNI AL yang terdiri dari Perwira, Bintara dan Tamtama serta PNS yang berdinas di Mabesal.(Pry)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA