WADAN SESKOAL PIMPIN UPACARA PERINGATAN HARI DHARMA SAMUDERA

WADAN SESKOAL PIMPIN UPACARA PERINGATAN HARI DHARMA SAMUDERA

Seskoal,- Wakil Komandan Sekolah Staf dan Komando Angkatan Laut (Wadan Seskoal) Laksamana Pertama TNI Tatit Eko W., S.E., M.Tr (Han) mewakili Komandan Seskoal Laksamana Muda TNI Dr. Amarulla Octavian, S.E., M.Sc., D.E.S.D. memimpin upacara pada  peringatan Hari Dharma Samudera tahun 2019 di Lapangan Apel Laut Jawa Seskoal, Bumi Cipulir, Jakarta Selatan, Selasa (15/1/19).

Upacara diikuti Sekretaris Lembaga Seskoal Kolonel Laut (S) Hardiko, S.Sos., M.M., para Pejabat Utama Seskoal, Perwira, Bintara, Tamtama, dan PNS Seskoal serta Perwira Mahasiswa Dikreg Seskoal Angkatan ke-57 TA 2019 dengan Komandan Upacara Kasubdep Juang Depjuang  Seskoal Letkol Marinir Untung Tarmanto, S.Pd.

Dalam amanat Kepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M. yang dibacakan Wadan Seskoal mengatakan bahwa upacara peringatan Hari Dharma Samudera merupakan bentuk penghormatan kita semua terhadap para pahlawan bangsa sekaligus mengenang peristiwa heroik yang terjadi di laut Aru pada 57 tahun silam.

Dimana tiga kapal cepat ALRI yaitu RI Harimau, RI Matjan Tutul, dan RI Matjan Kumbang berjibaku melawan tiga kapal kombatan utama dan sebuah pesawat udara Angkatan Laut Belanda yang lebih Modern dan canggih pada masa itu. Melihat kekuatan tempur yang tidak seimbang, Komodor Yos Sudarso mengambil alih komando kapal dengan melakukan manuver menyongsong gerak maju tiga kapal kombatan Belanda. Dengan pekikan penuh semangat pertempuran Komodor Yos Sudarso menyerukan “Kobarkan Semangat Pertempuran”. Meskipun pada akhirnya RI Matjan Tutul tenggelam secara gentle and brave bersama sang Komodor Yos Sudarso yang gugur sebagai kusuma bangsa.

Kita sebagai generasi penerus bangsa Indonesia harus dapat mengaktualisasikan nilai-nilai patriotisme dan kepahlawanan serta nilai-nilai keteladanan yang telah diwariskan oleh para pendahulu dalam upaya mewujudkan TNI Angkatan Laut yang professional dan modern serta berkemampuan proyeksi regional dan berkomitmen global.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA