PELUNCURAN KAL BAER DAN KAL BOSNIK

PELUNCURAN KAL BAER DAN KAL BOSNIK

Komandan Lantamal XII Pontianak Laksamana Pertama TNI Agus Hariadi yang diwakili oleh Aslog Danlantamal XII Kolonel Laut (T) Panugrah Asyari menghadiri acara peluncuran KAL 28 M TA 2019 di PT. Steadfast Marine, dipimpin oleh Kadismatatal Laksamana Pertama TNI Budi Sulistyo,yang diwakili oleh Kasubdis Matkapban Dismatal Kolonel Laut (T) Daryanto, S.E., M.M., di Jalan Khatulistiwa KM 6,6, Kelurahan Batu Layang, Kecamatan Pontianak Utara, Jumat (18/10/2019).

Kadismatal dalam sambutannya yang diwakili oleh Kasubdis Matkapban Dismatal Kolonel laut (T) Daryanto, S.E., M.M., menyampaikan bahwa rangkaian ceremonial pembangunan Kapal Angkatan Laut (KAL) meliputi First Steel Cutting, keel laying launching, dan delevery.

Pada kesempatan yang baik ini telah sampai pada tahap launching, dimana kapal diluncurkan dari dock ke atas air untuk yang pertama kali. Secara teknis launching ini menandai telah selesainya pekerjaan konstruksi badan kapal.

Secara implisit, prosesi launching sebuah kapal menyatakan bahwa kapal tersebut telah siap untuk diberi tugas atau misi menjaga kedaulatan NKRI. Walaupun masih ada kegiatan penyempurnaan dalam proses pembangunan kapal tersebut. Setelah seluruh lingkup pekerjaan terkait dengan pembangunan ini, maka nantinya akan dilaksanakan delevery, yaitu peresmian kapal menjadi Kapal Angkatan Laut dan pengukuhan Komandan KAL.

Nama KAL 28 M yang akan diluncurkan adalah KAL BAER dengan nomor lambung III-9-18 dan KAL BOSNIK nomor lambung III-10-22. Sebelum KAL diluncurkan,  Direktur Utama PT.Steadfast Marine mempersilahkan Kasubdis Matkapban Dismatal Kolonel laut (T) Daryanto, S.E., M.M., untuk memberikan pernyataan peluncuran KAL 28 M, "Pada hari Jumat, tanggal 18 Oktober 2019 pukul 09.53 KAL BAER dan KAL BOSNIK resmi saya luncurkan" selanjutnya dilaksanakan pemotongan tali, sirine dibunyikan dan akhirnya KAL BAER dan KAL BOSNIK diluncurkan dengan diiringi Mars TNI AL "Jalesveva Jayamahe".

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kadismatatal yang diwakili oleh Kasubdis Matkapban Dismatal, Direktur Utama PT Steadfast Marine Rudy Kurniawan Logam, Aslog Danlantamal XII Pontianak, Tim Dismatal, Komandan Satgas KAL 28 M, Direktur Pemasaran Militer Fajar Gunawan, Pawas Platform Satgas KAL 28 M, Pawas Navkom Satgas KAL 28 M, Tim Pendamping Direktur Utama PT Steadfast Marine.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA