Jaga Kearifan Lokal Serda Lilik Babinsa Koramil 02/Pondok Gede Hadiri Tradisi Sedekah Bumi Bersama Warga Jati Raden

Jaga Kearifan Lokal Serda Lilik Babinsa Koramil 02/Pondok Gede Hadiri Tradisi Sedekah Bumi Bersama Warga Jati Raden

Kodam Jaya, Kota Bekasi - Sedekah Bumi biasa digelar setiap tahunnya oleh masyarakat Kelurahan Jati Raden Tahunan dengan beberapa rangkaian. Sedekah Bumi yang bertempat di lingkungan rt 01/09 kel.jati raden kec.jati sampurna dengan rangkaian pembacaan Do'a bersama dan makan bersama warga. Senin (06/07/2020) siang.

Sedekah Bumi merupakan upacara adat yang melambangkan rasa syukur umat manusia kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rezeki melalui bumi berupa segala bentuk hasil bumi.

Jati Raden merupakan salah satu Kelurahan yang masih memegang teguh dan melestarikan budaya-budaya nenek moyang dan tak lekang oleh perubahan zaman, salah satunya adalah perayaan Sedekah Bumi. Acara Tahunan ini memiliki ciri khas tersendiri yang membedakan antara desa Tahunan dengan desa yang lain dalam perayaan Sedekah Bumi tersebut.

Rangkaian acara perayaan Sedekah Bumi Kelurahan Jati Raden dengan rangkaian acara lain memiliki perbedaan yaitu adanya acara Doa bersama, yang mana Desa Tahunan menyandingkan antara perayaan kebudayaan dengan acara keagamaan yang keduanya dikemas dalam harmonisasi yang seimbang.

Serda Lilik Selaku Babinsa Kelurahan Jati Raden Koramil 02/Pondok Gede Kodim 0507/Bekasi mendukung penuh kegiatan sedekah bumi yang merupakan tradisi kearifan lokal yang harus tetap di pertahankan di masa modern seperti saat ini.

Menurut Serda Lilik "kami sangat berterimakasih kepada para tokoh masyarakat dan para sesepuh Kelurahan Jati Raden yang masih bisa mempertahankan adat istiadat yang masih di teruskan dan dikenalkan kepada penerus muda di Kelurahan Jati Raden".tutur Serda Lilik

Kegiatan ini turut dihadiri Babinsa jati raden
Serda lilik irawan, ketua Rw 09
Bapak sarto, ketua Rt 01 Bapak Aji Dan para tokoh masyarakat serta para sesepuh Kel.Jati Raden. (Sumber : Pendim 0507/Bekasi)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA