PEMULANGAN ABK WNI MV. AMSTERDAM VIA PELABUHAN TANJUNG PRIOK.

PEMULANGAN ABK WNI MV. AMSTERDAM VIA PELABUHAN TANJUNG PRIOK.

Dispenlant3, Komandan Lantamal III Jakarta, Brigadir Jenderal TNI (Mar)  Hermanto, S.E., M.M. selaku Dansatgas pimpin evakuasi pemulangan ABK WNI kapal pesiar MV. Amsterdam sebanyak 263 ABK Via dermaga JICT II Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara. (Kamis,2/7/2020)

Kapal pesiar MV. Amsterdam berbendera Negara Belanda, memulangkan tenaga kerja berkebangsaan Indonesia sebanyak 263 ABK (17 wanita, 246 Pria), dengan adanya wabah Covid-19 di berbagai belahan bumi membatasi kegiatan di luar rumah sampai pada tingkat Lockdown, berdampak pada ABK WNI kapal pesiar MV. Amsterdam sehingga di pulangkan ke Indonesia, setelah melengkapi segala persyaratan administrasi atau prosedur di Kementerian Perhubungan, kapal pesiar MV. Amsterdam dapat diijinkan untuk lego jangkar ± 2-3 Mil laut, dengan menggunakan tenderboat sebanyak 2 unit, mengevakuasi para ABK WNI turun ke dermaga JICT 2 Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta Utara.

Dansatgas membentuk Tim evakuasi ABK kapal pesiar MV. Amsterdam ke Dermaga JICT 2 antara lain: Tim pengamanan laut dari Kopaska Koarmada I, Satrol Lantamal III dan Disyahal Lantamal III, sedangkan yang berada di dermaga adalah Tim Kesehatan dari KKP untuk melaksanakan test thermogun, cuci tangan, penyemprotan cairan disinfektan dan pemeriksaan barang bawaan ABK dari Tim Bea cukai dan K-9 /Anjing pelacak dari Pom Lantamal III untuk mengetahui barang-barang baik yang terlarang maupun yang kena cukai. Selesai pemeriksaan seluruh ABK di antar menggunakan 13 Bus menuju Hotel Pullman Central Park untuk melaksanakan swab test dan isolasi mandiri di kamarnya masing-masing (per kamar satu orang) dan hasil test akan diketahui 2-3 hari kedepan. Bila hasilnya positif akan dibawa ke Rumah sakit darurat wisma atlit kemayoran sedangkan yang hasilnya negative akan mendapatkan surat keterangan dari Dinas kesehatan sebagai persyaratan untuk kembali ke kampung halamannya dengan rasa aman.

"Kapal pesiar MV. Amsterdam adalah kapal yang ke 19 dengan total yang sudah dipulangkan melalui Pelabuhan Tanjung Priok sebanyak 5.488 ABK, perlu diketahui ABK yang turun saat ini merupakan transferan dari beberapa kapal yang berada di Pelabuhan Philipina, dan setelah ini kapal tersebut akan menuju Singapura". Ucap Brigjen Hermanto.

Disetiap selesainya tugas Dansatgas Evakuasi Brigjen TNI (Mar) Hermanto, S.E., M.M. mengadakan evaluasi / Debriefing, “Terimakasih kepada semua pihak atas kerjasamanya terutama Tim Customs bea cukai, Imigrasi, Kopaska, Polri, KKP, KPLP, KSOP, Pihak Agen dan Syahbandar karena tugas kita telah terlaksana dengan tertib, aman dan lancar” ujar Dansatgas.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA