Sudin Pariwisata Jaktim Tingkatkan Wawasan RW ASMITA




Pemerintah Pusat melalui Kementrian Kebudayaan dan Pariwisata telah mencanangkan RW Asri Milik Kita (RW Asmita), oleh sebab itu melalui program berkelanjutan, Sudin Pariwisata Kota Administrasi Jakarta Timur, senantiasa mengembangkan serta membekali  RW Asmita, untuk lebih berperan lagi dalam membangun masyarakat akan Sadar Wisata.

Kasudin Pariwisata Jakarta Timur, Drs Kris Irawan disela acara tersebut pada wartawan menegaskan, bahwa kegiatan kali ini diikuti oleh 100 orang, dari RW Aswita yang mewakili 65 Kelurahan se-Jakarta Timur. Bagaimana kedepan mereka akan dapat mempromosikan dareah masing-masing, mereka bukan saja memperoleh bekal ilmu pengetahuan/teoritis dari nara sumber, tetapi juga akan belajar praktik mengolah limbah plastik menjadi hal yang bermanfaat serta mengolah kulit telor menjadi barang seni bernilai tinggi.
RW Asmita juga diharapkan akan lebih berperan dalam menciptakan rasa aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah-tamah dan kenangan, sesuai Sapta Pesona menjadi satu kesatuan dalam mendukung Kepariwisataan di daerah masing-masing, sehingga juga akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat. Kalau kesadaran tinggi, akhirnya masyarakat juga akan menjadikan lingkungan nyaman, sehingga wisatawan juga senang. 

Diwilayah Kota Administrasi Jakarta Timur memang berbeda dengan daerah lainya, kalau di daerah lain ada Diskotik dan Kafe, tetapi disini tidak ada, karena masyarakatnya religius, oleh sebab itu permbangunan pariwisata juga menuju pariwisata yang berbasis masyarakat, oleh sebab itu Sudin Pariwisata akan terus bekerjasama dengan masyarakat dalam mengembangkan kepariwisataan yang ada. RW Asmita ini diharapkan akan menjadi pelopor di tiap kelurahan masing-masing, untuk berperilaku baik sesuai Sapta Pesona, tegas Kris Irawan.

Sementara dalam sambutan pembukaan, Walikota Jakarta Timur yang dibacakan Asisten Kota, Drs Setia Msi. menegaskan, bahwa konsep Sadar Wisata sebagaimana dalam program RW Asmita, merupakan konsep yang baik dalam mengembangkan kepariwisataan di daerah Jakarta Timur, untuk mendorong iklim yang kondusif sehingga RW Asmita menjadi komponen penting dalam meningkatkan daya saing Kepariwisataan nasional.

Jakarta Timur merupakan dareah yang memiliki unsur pariwisata, yang terdiri dari tempat dan sarana wista, pemerintah Kota terus berupaya membangun sarana dan prasaranya, oleh sebab itu masyarakat sebagai steakholders, juga diharapkan mampu mendukungnya dengan menciptakan rasa aman, bersih dan nyaman bagi wisatawan. 

Apabila tempat wisata yang apik, tidak didukung dengan kebersihan serta ketertipan bahkan tidak dapat menimbulkan rasa nyaman, maka tempat tersebut menjadi daerah wisata yang tidak meninggalkan kenangan indah, serta tidak dinikmati lagi,  sehingga berdampak juga pada menurunnya kunjunga wisata, yang sebenarnya suatu peluang yang baik bagi daerah tersebut.

Perlu diketahui,  dalam meningkatnya kunjungan wisata, maka akan mampu menumbuhkembangkan iklim usaha Kepariwisataan, serta meningkatkan lapangan kerja bagi masyarakat sekitarnya, termasuk peningkatan peluang usaha,oleh sebab itu untuk meningkatkan kunjungan wisata, perlu usaha bersama, dengan kegiatan masyarakat yang positif sesuai prinsip Sapta Pesona, dengan mewujudkan unsur rasa aman, tertib, bersih, sejuk, indah, ramah-tamah dan kenangan, sehingga kepariwisataan di Jakarta Timur kedepan dapat terus berjembang, inilah tujuan kita membentuk masyarakat Sadar Wisata maupun RW Asmita, pintanya.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA