Wisata Kuliner Warung Apung Rowo Jombor, Kabupaten Klatan




Warung apung sebetulnya hanyalah sebuah bangunan yang mengapung di atas air. Namun warung apung di Rawa Jombor ini memberikan daya tarik tersendiri berikut nuansa kuliner yang ditawarkan. Jumlah warung apung di Rawa Jombor ini cukup banyak dan dibatasi per kapling, para pengunjung tinggal memilih warung apung yang akan dijadikan tempat untuk menikmati wisata kuliner di Rawa Jombor.

Rawa Jombor terletak di Desa Krakitan, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten atau sebelah selatan sejauh 15 kilometer dari Kota Klaten. Merupakan daerah wisata alam dipadukan dengan kuliner hidangan air tawar.

Konsep warung apung ditempat ini dengan mengikat beratus-ratus drum kosong kemudian diberi alas kayu dan atap sehingga mirip seperti bangunan semi permanen. Kemudian diapungkan sedikit ke tengah rawa kira-kira 20-30 meter dari tepi rawa. Untuk menuju warung apung dengan menggunakan rakit atau perahu yang ditarik dengan tali di kedua sisi.

Di warung apung Rawa Jombor ini juga disediakan alat untuk memancing beserta umpannya untuk memancing di rawa ini. Bila beruntung anda bisa mendapatkan ikan dalam ukuran besar, namun kebanyakan orang yang mencoba memancing hanya mendapatkan ikan yang berukuran kecil.

Ikan yang dipancing bukan berasal dari kolam yang dibuat oleh penyedia warung apung dari jaring namun berasal dari rawa. Susahnya mencari ikan di Rawa Jombor diakibatkan air rawa terlihat keruh, berwarna kehijauan dan beberapa bagian rawa telah mengalami pendangkalan. Diperparah dengan pertumbuhan enceng gondok di beberapa bagian rawa yang tidak digunakan untuk warung apung. Mengakibatkan banyak orang tidak mengetahui bahwa Rawa Jombor merupakan rawa atau telaga yang terbentuk secara alami bukan buatan.

Namun dibalik permasalahan yang terjadi di Rawa Jombor, masih ada pesona kuliner yang cukup menggoda. Hidangan kuliner berupa ikan nila bakar, bawal bakar, lele bakar, udang air tawar, dan masih banyak hidangan ikan air tawar dimasak dengan bumbu khas daerah sekitar cukup enak dan unik untuk dinikmati.”rasanya belum apdol, kalau anda ke Klaten belum mampir ke “Rowo Jombor”.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA