TNI ANGKATAN LAUT SUKSES GELAR INTERNATIONAL MARITIME SECURITY SYMPOSIUM 2017

TNI ANGKATAN LAUT SUKSES GELAR INTERNATIONAL MARITIME SECURITY SYMPOSIUM 2017


Bali, 25 Agustus 2017, TNI Angkatan Laut sukses menggelar International Maritime Security Symposium 2017 (IMSS 2017) yang digelar di Bali sejak tanggal 23 sampai 25 Agustus 2017. Acara ditutup oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P, Jumat (25/08) di Ballroom Hotel Inaya Putri, Bali.

Kegiatan IMSS 2017 yang diikuti oleh 43 negara yang tergabung dalam keanggotaan Indian Ocean Naval Symposium (IONS) dan Western Pacific Naval Symposium (WPNS), dibuka oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., serta pada pembukaannya menghadirkan Menkopolhukam Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Wiranto, S.H. sebagai Keynote Speaker.

Pada amanatnya saat menutup IMSS 2017, Kasal mengatakan bahwa pengelolaan keamanan laut yang baik menjadi kunci dalam meningkatkan ekonomi, kesejahteraan dan stabilitas satu negara. Oleh karena itu hal yang dapat diambil dari pembahasan di simposium ini bahwa, menjaga keamanan maritim menjadi tanggungjawab untuk menghadapi masa depan secara bersama, kata Kasal.

Berbeda dengan dua kali kegiatan IMSS sebelumnya yang dilaksanakan di Jakarta, IMSS tahun 2017 yang ketiga ini dilaksanakan di Bali. Selain itu keikutsertaan peserta delegasi maupun Kepala Staf Angkatan Laut dari negara-negara yang hadir pada IMSS 2017 lebih banyak, yaitu dihadiri oleh 11 Kepala Staf Angkatan Laut dan 32 delegasi.

Kegiatan yang digelar selama tiga hari sejak kedatangan para delegasi di Bali ini, TNI Angkatan Laut dalam hal ini Sekolah Staf dan Komado Angkatan Laut (Seskoal) selaku  penyelenggara telah mengemas berbagai kegiatan menarik selain simposum sebagai kegiatan utama yang dilaksanakan selama dua hari dengan mengangkat tiga tema. Tema yang pertama yaitu Developing Multilateral Cooperation In Support Of Good Order At Sea To Address Modern Maritime Security Threats.

Tema yang kedua hadir sebagai pembicara Dirjen Asia Pasifik Kemenlu RI Bapak Dr. Desra Percaya dengan mengangkat tema, Enhancing Comprehensive Maritime Cooperation And Capacity Building Through Mutual Understanding To Construct Good Order At Sea, sedangkan tema yang ketiga yaitu, Implementation Of Good Order At Sea In The Seattlement Of Maritime Regional Disputes, sebagai pembicara Deputi Kedaulatan Maritim Kemenkomaritim RI Bapak Dr. Arif Havas Oegroseno.

Pada kegiatan symposium selama dua hari tersebut, dimanfaatkan pula oleh sejumlah Kasal negara-negara asing dan beberapa pemimpin delegasi mengadakan pertemuan bilateral meeting dengan Kasal Laksamana TNI Ade Supandi, S.E., M.A.P., maupun diantara Kepala Staf Angkatan Laut ataupun ketua delegasi peseta IMSS.

Selain kegiatan simposium pihak penyelenggara IMSS 2017 menggelar kegiatan lainnya, antara lain kunjungan para istri-istri delegasi dipimpin oleh Ny. Endah Ade Supandi ke beberapa tempat di Bali seperti Sanggar Tari Barong, dan Pasar seni Krisna untuk mengenalkan budaya dan produk serta hasil kerajinan lokal Indonesia, serta dipilihnya satu malam dengan menggelar acara gala dinner.

Dan untuk lebih mengakrabkan para delegasi peserta yang hadir, digelar pelaksanaan acara kegiatan gala dinner IMSS 2017, dimana pada kesempatan itu ditampilkan pagelaran kesenian dan budaya Indonesia yang dikemas apik serta menawan, ditambah dengan alunan musik indah dari Indonesia Navy Orchestra yang membawakan lagu tradisional serta berkolaborasi dengan musisi papan atas Indonesia, seperti Dwiki Darmawan, Yana Yulio, serta Lea Simanjuntak. Acarapun berlangsung sangat meriah dan menjadikan acara gala dinner sebagai kenangan yang tidak dapat dilupakan para peserta IMSS 2017. Sehingga IMSS 2017 adalah event yang bukan hanya sekedar simposium saja, namun juga sekaligus sebagai sarana mempromosikan keindahan alam dan keragaman budaya. (This is not only a symposium but also exploring Indonesia culture and heritage)

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA