RAPAT PERSIAPAN MID PLANNING CONFERENCE JELANG KOMODO EXERCISE 2018

RAPAT PERSIAPAN MID PLANNING CONFERENCE JELANG KOMODO EXERCISE 2018

Jakarta, 03 November 2017.- Komandan Gugus Tempur Laut Armada RI Kawasan Timur (Danguspurlatim) Laksamana Pertama TNI Rachmad Jayadi, M,Tr (Han), selaku Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) Multilateral Naval Exercise Komodo (MNEK) 2018 memimpin rapat persiapan Mid Planning Conference (MPC), Jumat (03/11) di atas KRI Teluk Bintuni-520 yang tengah sandar di Dermaga Kolinlamil, Jakarta.  

Rapat yang dihadiri seluruh panitia ini membahas persiapan MPC yang merupakan rangkaian kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo 2018 ke-3 yang puncak acaranya akan digelar di Lombok pada bulan Mei 2018. Kegiatan rapat diawali dengan paparan dari ketua panitia MPC Kolonel Laut (P) Rudhi Aviantara, SE. M.Si dan dilanjutkan paparan persiapan masing- masing kepala bidang.

Kegiatan MPC ini akan dilaksanakan pada tanggal 6 sampai 8 November 2017 di Jakarta akan dihadiri delegasi dari 28 negara yaitu Singapura, Australia, Timor Leste, Selendia Baru, Rusia, Belanda, Mexico, Inggris, Peru, Myanmar, Polandia, Uni Emitrat Arab, Filipina, Jepang, Spanyol, Brunei, Vietnam, USA, Thailand, China, Korsel, Jerman, Malaysia Sri Langka, Brazil, Kanada, dan PNG.

Selanjutnya para delegasi selama kegiatan konferensi yang berlangsung selama tiga hari tersebut akan membahas berbagai kegiatan yang akan dilaksanakan pada Multilateral Naval Exercise Komodo 2018 mendatang. 

Pada kegiatan pembahasan tersebut dibagi menjadi dua sesi yaitu pada sesi pertama akan membahas tentang Protokoler, Latihan, Fleet Inspection, ENCAP, MEDCAP dan Potmar. Sedangkan pada sesi kedua akan membahas Maritime Hospitality, Community Activity, Logistic, Aviation and Security.

Latihan Komodo Exercise 2018 yang akan dilaksanakan pada awal bulan Mei 2018 rencananya akan mengundang Angkatan Laut dari 42 negara sahabat dan melibatkan kurang lebih 50 kapal perang dan lebih dari 5.500 prajurit. Kegiatan latihan ini ditujukan untuk melatih kerja sama antar angkatan laut dalam melakukan bantuan kemanusiaan, seperti menghadapi bencana alam, penyelundupan manusia atau trafficking, dan bhakti kesehatan (MEDCAP).

Sebelum dilaksanakan kegiatan MPC di Jakarta sebagai rangkaian kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo 2018 ke-3 ini, kegiatan rapat pendahuluan atau Initial Planning Conference (IPC) telah dilaksanakan pada tanggal 9-21 Juli 2017 di Surabaya dengan dihadiri oleh 17 delegasi negara sahabat. 

Acara yang dibuka oleh Panglima Komando Armada RI Kawasan Timur (Pangarmatim) Laksamana Muda (Laksda) TNI Darwanto, S.H., M.A.P., selaku Direktur Latihan (Dirlat) tersebut juga sekaligus sebagai tanda resmi dimulainya rangkaian kegiatan Multilateral Naval Exercise Komodo 2018 ke-3 yang rencananya akan digelar di Lombok pada bulan Mei 2018. 

Sebelumnya kegiatan serupa telah dilaksanakan yaitu Multilateral Naval Exercise Komodo 2016 ke-2 di Padang dan Multilateral Naval Exercise Komodo 2014 ke-1 di wilayah Batam.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA