Pelepasan Bantuan Logistik Baksos TNI AL Ke Banten Dan Lampung Dalam rangka Hari Dharma Samudera 15 Januari 2019

Pelepasan Bantuan Logistik Baksos TNI AL Ke Banten Dan Lampung Dalam rangka Hari Dharma Samudera 15 Januari 2019

Dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera 15 Januari 2019 yang mengangkat tema "Dengan Semangat Pertempuran Laut Aru Kita Wujudkan Terciptanya Pengendalian Wilayah Pertahanan Laut Yang Tangguh". Panglima Komando Armada I Laksamana Muda TNI Yudo Margono, S.E., M.M., melepas Bantuan Logistik Bakti Sosial TNI Angkatan Laut ke Banten dan Lampung, Senin (7/1/2019). 

Dalam sambutannya Pangarmada I, Laksamana Muda TNI Yudo Margono,SE.MM menegaskan bahwa bantuan kemanusiaan dan pemberangkatan satuan tugas bencana alam ke Banten dan Lampung merupakan bagian dari tugas TNI dalam operasi militer selain perang, TNI Angkatan Laut berkewajiban untuk turut serta dalam melaksanakan kegiatan Penanganan dan penanggulangan bencana alam, khususnya kejadian bencana alam tsunami pada tanggal 22 Desember 2018 di daerah Banten dan Lampung. Selain bantuan dari TNI Angkatan Laut juga terdapat bantuan dari Mitra, antara lain dari Bank BRI Bank BNI, Mandiri, SCTV dan Indosiar serta beberapa relawan dari relawan aksi cepat tanggap atau SWT PT Pos Indonesia serta para donatur yang lain yang ikut bergabung dalam satuan tugas ini. atas nama pimpinan angkatan laut, saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak dan mitra yang mendukung dan tergabung dalam Satgas ini, sehingga Kegiatan ini dapat dilaksanakan, dan saya harapkan kegiatan kemanusiaan ini akan mempererat kemanunggalan TNI dan rakyat dengan baik, ungkapnya.


Pada para relawan yang bergabung dalam Satgas kemanusiaan, Pangarmabar I meminta agar Relawan dapat melaksanakan tugas secara sungguh-sungguh, selalu diiringi doa agar tujuan dan sasaran tugas dapat dicapai secara maksimal. Tingkatkan kemanunggalan TNI dan rakyat dalam pelaksanaan tugas kemanusiaan ini, sehingga para korban terdampak dapat terbantu, siapkan kondisi fisik, mental serta pertahankan kesiapsiagaan dengan selalu memperhatikan kondisi alam dan cuaca yang sulit diprediksi, utamakan keamanan personil dan material serta Junjung tinggi prinsip Zero accident serta laksanakan manajemen risiko dengan baik dan terencana, pinta Laksamana Muda TNI Yudo Margono,SE.MM

Sementara kegiatan Bakti Sosial ditiga tempat diantaranya,
a. Tanggal 7 hingga 9 Januari 2019 di Panimbangan Pandeglang Banten, dengan kegiatan berupa Penyerahan Bahan Kontak Sembako sebanyak 1.500 Paket Sembako.

b. Tanggal 7 hingga 9 Januari 2019 di Kalianda Lampung, dengan kegiatan :
1) Pelayanan Kesehatan Pengobatan Umum 500 Pasien.
2) Penyerahan Bahan Kontak Sembako sebanyak 2.500 Paket Sembako.

c. Tanggal 13 hingga 16 Januari 2019 di Tual Maluku, dengan kegiatan :
1) Khitanan Massal 300 orang. 
2) Pengobatan Umum 500 Pasien dan Penyuluhan Kesehatan.
3) Penyerahan Bahan Kontak Sembako 1.500 Paket Sembako.
4) Komsos Keluarga Besar TNI Angkatan Laut.
5) Komsos Sekolah (Pembekalan).
6) Penyerahan Perlengkapan Sekolah.
7) Penyerahan Kitab Suci Alquran dan Alkitab.
8) Pemutaran Film Dokumenter TNI AL.
9) Penyerahan Peralatan Olahraga. 

3. Tujuan dan Sasaran : 
a. Tujuan :
Terwujudnya Kemanunggalan TNI AL dan Rakyat dalam mewujudkan Indonesia yang berdaulat melalui Bakti Sosial dan Bakti Kesehatan serta menumbuhkan cinta
maritim dikalangan generasi muda.

b. Sasaran :
1) Terlaksananya Pembinaan sumber daya manusia sebagai potensi demografi dalam membentuk alat juang yang tangguh.
2) Terlaksananya peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat pesisir.

3) Terlaksananya Kemanunggalan TNI dan Rakyat dalam mendukung kemampuan pertahanan semesta
4) Terbentuknya karakter maritim generasi muda Indonesia dalam mendukung program pemerintah Poros Maritim Dunia.

Bantuan Logistik Baksos TNI AL :
a. Satgas Baksos di Wilayah Koarmada l mengerahkan 10 unit truk dengan membawa berbagai material logistik yang telah dikumpulkan di Posko Peduli Koarmada I Bencana Tsunami Banten-Lampung antara lain 4.000 paket sembako. 1.000 dus air mineral, 500 buah selimut, 10 set tenda lapangan, 30 dus pakaian Iayak pakai, dan obat-obatan, serta uang tunai dari DKM Hindah Tsari Ar-Rasyid Babelan Bekasi sebesar Rp. 9.585.000, yang penyerahannya akan dilaksanakan secara simbolis kepada masing-masing pemerintah daerah setempat.

b. Satgas Baksos di Wilayah Tual Maluku, TNI AL akan mengerahkan unsur KRI Makasar-590 dengan membawa 1.500 paket sembako, 500 dus air mineral, perlengkapan sekolah, per|engkapan olahraga, bahan kontak seperti Pamflet, Kalender TNI AL, serta Perlengkapan lbadah.

Untuk melaksanakan kegiatan Baksos ditiga wilayah ini, TNI AL mengerahkan kurang lebih 200 personel yang didukung oleh 3 unsur KRl, 10 unit truk dari Koarmada I, 10 truk dari Kormar, 2 truk dari Dispotmar dan Pangkalan Angkatan Laut Tual, operasional di lapangan. serta puluhan Kendaraan Taktis guna memudahkan operasional di lapangan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

SEL SURYA

SEL SURYA